Dark/Light Mode

BCA Fasilitasi Sertifikasi Halal Hingga Salurkan KUR Ke UMKM Binaan Di Bali

Senin, 27 Mei 2024 13:08 WIB
BCA mendukung ekonomi halal di Indonesia, terutama bagi bisnis UMKM dengan menggelar Workshop Sertifikasi Halal kepada 100 UMKM binaan BCA di Bali.(Foto: Dok. BCA)
BCA mendukung ekonomi halal di Indonesia, terutama bagi bisnis UMKM dengan menggelar Workshop Sertifikasi Halal kepada 100 UMKM binaan BCA di Bali.(Foto: Dok. BCA)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung ekonomi halal di Indonesia, terutama bagi bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan menggelar Workshop Sertifikasi Halal kepada 100 UMKM binaan BCA di Bali.

EVP Corporate Communication dan Social Responsibility (CSR) BCA Hera F Haryn mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan mendukung peningkatan kualitas produk-produk UMKM, sehingga memiliki daya saing yang lebih tinggi ke depannya.

BCA juga menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) yang bernilai hingga Rp 101 juta untuk pengusaha coffee shop.

Penyerahan KUR BCA dilakukan secara simbolis oleh Kepala Pengembangan Bisnis Wilayah IV Soeherdiyanto Budi Krisnandono kepada Debitur Lamriah Ester Febrianti.

“Pemberdayaan UMKM selalu menjadi fokus utama BCA. Kami juga menyadari bahwa UMKM berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Hera, dalam keterangan resmi, Senin (27/5/2024).

Baca juga : Auto Jadi PNS! Ini Syarat, Jadwal Hingga Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru STAN

Melalui program Workshop Sertifikasi Halal 2024, BCA berkomitmen mendukung perkembangan bisnis UMKM dengan memberikan akses serta pemahaman mengenai sertifikasi halal dalam kategori self declare.

“Kami berharap pelaku UMKM dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas produk serta skala usahanya,” ucap Hera.

Dalam Workshop Sertifikasi Halal UMKM BCA 2024, perseroan memberikan dukungan berupa pembayaran biaya sertifikasi halal kepada pelaku UMKM.

Peserta Workshop Sertifikat Halal UMKM BCA 2024 juga berkesempatan untuk mendapatkan beberapa penawaran menarik. Seperti, pembukaan rekening online, pembukaan Kartu Kredit BCA online, aktivasi metode pembayaran via QRIS (Quick Response Indonesian Standard), dan fasilitas pembiayaan usaha KUR, serta produk konsumtif lainnya.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Ini merupakan alasan produk yang bersertifikat halal banyak diminati masyarakat Indonesia.

Baca juga : Jemaah Haji Dapat Makan 27 Kali di Madinah dan 84 di Makkah

Berdasarkan survei Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), omzet pelaku usaha rata-rata meningkat 8,5 persen setelah memperoleh sertifikat halal.

“Sejalan dengan itu, BCA berkomitmen untuk terus melanjutkan program sertifikasi halal UMKM,” ujarnya.

Sebelumnya, program Workshop Sertifikasi Halal BCA juga digelar di Makassar pada Senin (13/5/2024) dan akan terus berlanjut di seluruh Indonesia, berfokus pada akuisisi dengan menerbitkan sertifikat halal bagi 2 ribu UMKM Indonesia di tahun ini.

Sebagai informasi, BCA juga melakukan pelatihan sertifikasi halal pada 2023 dan membantu penerbitan 1.000 sertifikat halal bagi UMKM yang diikuti mayoritas oleh perempuan, tersebar di 10 kota/kabupaten di sembilan provinsi di seluruh Indonesia.

Upaya tersebut menurut Hera, menempatkan BCA pada tahun 2023 di peringkat kedua nasional sebagai lembaga dengan kuota sertifikat halal terbanyak.

Baca juga : FL Technics Kantongi Sertifikasi FAA Untuk Bengkel Pesawat Keduanya Di Bali

Lebih lanjut Hera mengatakan, dukungan BCA terhadap UMKM juga dilakukan di sektor pembiayaan tercermin dari penyaluran kredit segmen UMKM di BCA yang tumbuh sebesar 13,5 persen year on year year (yoy), mencapai Rp 110,4 triliun per Maret 2024.

Ia melanjutkan, dalam rangka terus mendorong penyaluran kredit ke sektor ini, BCA memberikan promo suku bunga kredit bagi debitur komersial dan UMKM yang bergerak dalam Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL).

Menurutmya, sertifikasi halal menjadi kebutuhan yang tak terelakkan bagi suatu produk di Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, BCA berharap dapat membantu UMKM mampu meningkatkan kualitas dan daya saing produk mereka, sehingga dapat merangsang pertumbuhan penjualannya,” pungkas Hera.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.