Dark/Light Mode

Relawan PLN EPI Gelar Aksi Bersih-Bersih Sungai Ciliwung

Rabu, 5 Juni 2024 18:08 WIB
PLN EPI bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok serta Yayasan Sahabat Ciliwung, menggelar aksi bersih-bersih sungai Ciliwung. Dan menebarkan 1.000 benih ikan tawes, pada Rabu (3/6/2024). (Foto: PLN EPI)
PLN EPI bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok serta Yayasan Sahabat Ciliwung, menggelar aksi bersih-bersih sungai Ciliwung. Dan menebarkan 1.000 benih ikan tawes, pada Rabu (3/6/2024). (Foto: PLN EPI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Lingkungan Hidup 2024 sub holding PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) berperan aktif dalam program River Clean Up.

Program ini merupakan aksi bersih-bersih dan konservasi sungai Ciliwung.

PLN EPI bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok serta Yayasan Sahabat Ciliwung yang dilaksanakan pada Rabu (3/6/2024).

Kegiatan diawali dengan susur Sungai Ciliwung dari Beji Depok sampai ke daerah Jagakarsa Jakarta Selatan.

Baca juga : Kewajiban Neto Investasi Internasional RI Menurun Pada Triwulan I-2024

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 139 kilogram (kg) sampah berhasil dikumpulkan dari pinggir dan sepanjang susur sungai sejauh 5 km.

Selain bersih-bersih sampah dan tanam pohon, juga disebarkan 1.000 benih ikan tawes ke sungai Ciliwung.

Ikan tawes sendiri selain bisa dikonsumsi juga menjadi indikator kesehatan sungai.

“Sebanyak 100 pohon buah juga ditanam di sepanjang sungai Ciliwung. Ini untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar Ciliwung dan mencegah abrasi,” ungkap Sekretaris Perusahaan PLN EPI, Mamit Setiawan.

Baca juga : PLN Gelar Aksi Bersih dan Olah Sampah di 54 Lokasi Se-Indonesia

Dilanjutkannya, aksi ini merupakan bagian dari Program Green Employee Involvement PLN Grup yang serentak dilakukan pada 3-5 Maret 2024 di seluruh Indonesia.

Untuk PLN EPI sendiri kegiatan ini dilaksanakan oleh 50 Pegawai. Green Employee Involvement merupakan wadah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan pegawai PLN dengan menjadi relawan aktif dalam berbagai program sosial dan lingkungan perusahaan.

"Diharapkan, pegawai dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat agar lebih memperhatikan lingkungan,” tutur Mamit.

Aksi nyata yang dilakukan PLN EPI ini, lanjut dia, juga merupakan wujud Implementasi prinsip Enviromental, Social and Governance (ESG) dan SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12 konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab, dengan mengurangi timbunan sampah yang ada di Sungai Ciliwung.

Baca juga : Real Madrid Juara, Toni Kross Sumringah Pensiun

Acara ini juga dihadiri Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN UP3 Depok, Martha Adi Nugraha dan Manajer PLN UP3 Lenteng Agung, Cynthia Dewi Ariyani.

"PLN EPI berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penyelamatan sungai dan mata air sehingga dapat mengurangi zat pencemar sungai," ujar Mamit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.