Dark/Light Mode

IOF Pengda DKI Gelar Edukasi Animal Rescue Menangani Ular

Senin, 19 Februari 2024 09:48 WIB
IOF Pengda DKI melakukan edukasi animal rescue. (Foto: Ist)
IOF Pengda DKI melakukan edukasi animal rescue. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya terus meningkatkan keahlian para pengurusnya, IOF Pengda DKI Jakarta mengadakan kegiatan penyegaran materi animal rescue yang fokus pada pengenalan jenis-jenis ular berbisa dan penanganannya. 

Kegiatan ini penting dilakukan agar ketika ketemu ular pada saat kegiatan offroad atau di lokasi lain dapat menangani dengan baik.

Penyegaran materi ini dilakukan disela kegiatan rapat kerja IOF Jakarta yang diikuti pengurus dari lima bidang dalam kepengurusan IOF Pengda DKI tahun 2023-2027. Sebelumnya sudah pernah dilakukan termasuk fire rescue, water rescue, vertical rescue dan vehicle accident rescue.

Baca juga : Herbalife Gelar Pekan Sarapan Nasional ke Sembilan di 150 Kota

Kepala Departemen V Bina Litbang IOF Pengda DKI Jakarta, Evan Nursetya Hadi menekankan, pentingnya kegiatan refresing materi ini. IOF Pengda DKI selalu berkomitmen untuk melakukan penyegaran materi kepada pengurusnya. 

“Kami telah melaksanakan berbagai pelatihan termasuk fire rescue, water rescue, vertical rescue, vehicle accident rescue, dan animal rescue. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa setiap pengurus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam menghadapi berbagai situasi darurat," ujar Evan.

Selanjutnya, Ketua Umum IOF Pengda DKI Jakarta, Iwan Sakri menambahkan, penyegaran materi seperti ini sangat penting untuk dilakukan. Ini bukan hanya tentang mendapatkan ilmu baru, tetapi juga memastikan bahwa setiap anggota IOF dapat mempraktikkan pengetahuan tersebut dalam situasi nyata. 

Baca juga : Dihadiri Menag Yaqut, MATAKIN Gelar Perayaan Imlek Nasional 2575 Kongzili

“Hal ini sangat relevan mengingat lingkup aktivitas kita yang seringkali membawa kita ke alam bebas, di mana interaksi dengan hewan liar seperti ular berbisa bisa terjadi,” ujar Iwan. 

Iwan menegaskan, menambah ketrampilan anggota IOF sangat penting, terlebih IOF menjadi salah satu pengda paling efektif dan aktif dalam hal sosial dan penanggulangan bencana.

Dalam kegiatan ini, para pengurus IOF Pengda DKI Jakarta diberikan pengetahuan mendalam tentang berbagai jenis ular, dengan penekanan pada jenis-jenis yang sering ditemui di Indonesia. Mereka juga diajarkan tentang cara-cara penanganan yang aman dan efektif, termasuk pertolongan pertama pada kasus gigitan ular.

Baca juga : Panwaslu Tokyo Gelar Pengecekan Berlapis, Minimalisir Kecurangan Di Pemilu 2024

Lebih lanjut, materi pembelajaran juga mencakup pemahaman tentang cara kerja bisa ular dan efeknya terhadap tubuh manusia, yang merupakan informasi krusial dalam melakukan penanganan medis darurat. Kegiatan dilakukan di Wisma Tenang Kementrian Dalam Negeri di wilayah Gadog, 17-18 Februari 2024.

"Ke depannya, kami berencana untuk menyelenggarakan pelatihan-pelatihan serupa dengan tema-teman yang relevan. Hal ini akan menjadi bukti kompetensi para pengurus kami dalam menangani situasi darurat, sekaligus menegaskan komitmen kami dalam menyediakan standar pengetahuan dan keterampilan yang tinggi,” ujarnya.

Kegiatan ini tidak hanya menegaskan posisi IOF Pengda DKI Jakarta sebagai organisasi yang berfokus pada peningkatan keterampilan dan pengetahuan dalam penanganan darurat, tetapi juga sebagai komunitas yang peduli terhadap keselamatan dan kesejahteraan anggotanya serta masyarakat umum dalam berinteraksi dengan lingkungan alam. Penyegaran materi ini dilakukan dalam rangka rapat kerja daerah untuk menyusun program selama tahun berjalan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.