Dark/Light Mode

Dukung Industri Berkelanjutan, MMSGI Kembangkan Ekosistem Energi Hijau

Kamis, 6 Juni 2024 16:42 WIB
MMS Group Indonesia (MMSGI) berkomitmen untuk mendukung industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui transisi energi berkeadilan. (Foto: Dok. MMSGI)
MMS Group Indonesia (MMSGI) berkomitmen untuk mendukung industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui transisi energi berkeadilan. (Foto: Dok. MMSGI)

RM.id  Rakyat Merdeka - MMS Group Indonesia (MMSGI) berkomitmen untuk mendukung industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui transisi energi berkeadilan.

Hal ini dibuktikan dengan MMSGI turut serta berpartisipasi dalam Green Economic Forum yang diselenggarakan CNBC Indonesia.

CEO MMSGI Sendy Grety mengungkapkan, transisi energi yang berkeadilan bagi MMSGI merupakan proses mengutamakan ketahanan energi melalui energi saat ini dan energi masa depan, yaitu, energi baru terbarukan.

Baca juga : Perkuat Sinergi Industri Satelit, Konferensi Apsat Kembali Digelar

Selain itu, agenda ini mampu memberdayakan ekonomi masyarakat yang bergantung pada industri energi fosil menjadi industri yang tangguh dan mandiri.

"MMSGI telah melakukan investasi signifikan untuk pengembangan smelter nikel untuk bahan baku baterai serta memiliki pembangkit listrik tenaga surya dalam rangka mendukung pengembangan ekosistem energi hijau," kata Sendy dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Sendy menjelaskan, MMSGI menerapkan praktik pengelolaan lingkungan dengan prosedur yang ketat, termasuk program rehabilitasi lahan pascatambang dan konservasi keanekaragaman hayati.

Baca juga : Bos PLN Ajak Kolaborasi Pembiayaan Energi Hijau

Hal ini ditempuh melalui kolaborasi untuk mencapai tujuan keberlanjutan. MMSGI juga aktif menjalin kemitraan dengan Pemerintah, komunitas lokal, dan organisasi internasional untuk bersama-sama menciptakan solusi inovatif yang mendukung ekonomi hijau.Terutama dalam pemanfaatan lahan pasca tambang.

Contoh solusi inovatif tersebut, yaitu pemanfaatan void menjadi sumber air bersih dan pengembangan kapasitas masyarakat desa, seperti Rumah Cokelat Lung Anai di Kutai Kartanegara yang merupakan binaan PT Multi Harapan Utama (MHU).

Adapun, Rumah Cokelat ini menerima sertifikat halal dan mendapat kepercayaan dari masyarakat masyarakat lokal yang telah mendapatkan penghargaan Pengembangan Desa Berkelanjutan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Baca juga : Dukung Iuran Tapera, Himperra: Gencarkan Sosialisasi

Selain itu, keikutsertaan MMS Group Indonesia dalam Green Economic Forum adalah wujud nyata dari komitmen untuk mendukung dialog dan kerja sama antara berbagai pemangku kepentingan.

"Kami berharap dapat belajar dari praktik terbaik dan berkontribusi pada pengembangan kebijakan yang mendorong penggunaan energi hijau serta transisi energi yang berkeadilan di Indonesia dan dunia," tutur Sendy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.