Dark/Light Mode

Dukung Pendidikan Berkualitas, Pupuk Kaltim Hadirkan Perpustakaan Keliling Di Maratua  

Kamis, 6 Juni 2024 21:20 WIB
Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan perpustakaan keliling dan 500 paket tas, hingga alat tulis bagi siswa Sekolah Dasar (SD), di Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan perpustakaan keliling dan 500 paket tas, hingga alat tulis bagi siswa Sekolah Dasar (SD), di Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) terus memberikan dukungan terhadap kemajuan pendidikan dan budaya literasi masyarakat.

Salah satunya melalui penyaluran bantuan perpustakaan keliling dan 500 paket tas, hingga alat tulis bagi siswa Sekolah Dasar (SD), di Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Vice President (VP) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Kaltim Sugeng Suedi mengatakan, pihaknya secara aktif berupaya mendukung berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi, dengan memberikan akses lebih terhadap bahan bacaan dan alat belajar yang memadai.

Sehingga, mampu meningkatkan minat belajar, serta kualitas pendidikan anak-anak di wilayah tersebut.

Bantuan perpustakaan keliling diserahkan kepada Yayasan Kalasahan Maratua, yang selama ini fokus terhadap peningkatan budaya literasi masyarakat melalui edukasi sejak dini.

Hal ini rerkait pentingnya menjaga ekosistem laut dan keanekaragaman hayati untuk kelangsungan perairan di masa datang.

Baca juga : Dukung Industri Berkelanjutan, MMSGI Kembangkan Ekosistem Energi Hijau

Sementara itu, bantuan alat tulis menyasar empat SD di Maratua, sebagai bentuk kontribusi perusahaan terhadap kemajuan pendidikan, melalui pemenuhan kebutuhan penunjang belajar mengajar bagi anak.

“Dari bantuan ini, budaya literasi dan kemajuan pendidikan anak mulai usia dini semakin meningkat, sehingga generasi penerus pun bisa menimba pengetahuan dengan lebih baik,” ujar Sugeng, melalui siaran pers, Kamis (6/6/2024).

Menurut Sugeng, budaya literasi masyarakat penting untuk didukung secara optimal, agar pentingnya membaca sebagai bekal tambahan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari makin tumbuh dan disadari masyarakat.

Terlebih, potensi Maratua dengan berbagai kekayaan alam bawah laut sebagai daya tarik wisata unggulan, membutuhkan peran serta tanggung jawab bersama agar terus tejaga dan terpelihara dengan baik.

Seiring meningkatnya pengetahuan dengan keberadaan perpustakaan keliling yang disalurkan, kesadaran masyarakat untuk semakin menjaga alam bawah laut Maratua bisa terus ditingkatkan, melalui sinergi aktif bersama seluruh pihak terkait lainnya.

“Bahan bacaan di perpustakaan keliling ini, berisi ragam edukasi terkait berbagai hal yang berhubungan dengan ekosistem laut dan pelestarian lingkungan, sebagai bekal bagi masyarakat agar senantiasa teredukasi dengan pengetahuan yang dihadirkan,” ujar Sugeng.

Baca juga : Kemendagri Dukung Digitalisasi Dalam Pertanggungjawaban Keuangan Daerah

Begitu juga, bantuan peralatan penunjang pendidikan, bukan sekadar wujud implementasi TJSL Pupuk Kaltim dalam mendorong sektor pendidikan di daerah. Namun, juga upaya memotivasi anak untuk terus semangat menimba pengetahuan sejak dini.

Melalui bantuan paket alat tulis, pihaknya ingin memastikan, peserta didik memiliki perlengkapan memadai untuk belajar. Sehingga, pengetahuan sebagai bekal bagi masa depan anak bisa terserap dan terfasilitasi dengan baik.

"Tentu ke depannya, mampu berkontribusi dalam pembangunan daerah, khususnya Maratua," katanya.

Sugeng menambahkan, sebagai agen pembangunan, pihaknya akan terus berupaya maksimal memberikan perhatian dan kontribusi pada berbagai bidang, baik di sektor pendidikan, lingkungan hingga penguatan kapasitas sumberdaya manusia di Kalimantan Timur.

Sebelumnya, Pupuk Kaltim juga menurunkan 134 unit media terumbu dan 300 tukik sebagai wujud kepedulian terhadap ekosistem bawah laut, agar potensi wisata yang dimiliki Maratua tetap lestari dan terjaga.

Mewakili Pemerintah Daerah, Kepala Dinas Pendidikan Berau melalui Koordinator Pengawas Sekolah Muhammad Ali Hanafi mengapresiasi, kepedulian Pupuk Kaltim sebagai upaya bersama dalam mendorong literasi dan penguatan kapasitas pendidikan generasi yang lebih unggul dan berdaya saing.

Baca juga : Diresmikan Jokowi, Arena Botanika Hadirkan Destinasi Era Baru Kuliner Di IKN

Hanafi menilai, bantuan perpustakaan keliling sangat tepat sebagai sarana belajar masyarakat untuk menimba berbagai pengetahuan, utamanya terkait pelestarian alam dan lingkungan.

"Bantuan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan budaya literasi dan pengetahuan di Maratua, mengingat pendidikan penting dalam mewujudkan masyarakat mandiri berkelanjutan," ungkapnya. 

Ia berharap, program ini dapat terus ditingkatkan Pupuk Kaltim dengan realisasi dukungan lainnya, sehingga peningkatkan kapasitas masyarakat melalui edukasi semakin dimaksimalkan.

 "Semoga ke depan, program seperti ini bisa terus dilaksanakan Pupuk Kaltim, karena sangat membantu masyarakat maupun anak didik di Maratua ini," pungkas Hanafi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.