Dark/Light Mode

Kembangkan Program Wanasuka Berdaya, Surveyor Indonesia Gelar Panen Raya Kopi

Jumat, 7 Juni 2024 14:31 WIB
Surveyor Indonesia menggelar giat Panen Raya Kopi dan Peresmian Gudang Pupuk bersama di Desa Srikandi,Pangalengan sekaligus menyalurkan bantuan laptop untuk siswa SD. (Foto: Dok. Surveyor Indonesia)
Surveyor Indonesia menggelar giat Panen Raya Kopi dan Peresmian Gudang Pupuk bersama di Desa Srikandi,Pangalengan sekaligus menyalurkan bantuan laptop untuk siswa SD. (Foto: Dok. Surveyor Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Surveyor Indonesia (SI) menggelar giat Panen Raya Kopi dan Peresmian Gudang Pupuk bersama di Desa Srikandi, Wanasuka, Pangalengan, Bandung. Sekaligus, menyalurkan bantuan laptop sebagai bagian dari program Lab Komputer Keliling untuk siswa-siswi SDN (Sekolah Dasar Negeri) Srikandi 01.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Surveyor Indonesia Wahyu Witjaksono mengatakan, dirinya turun langsung dalam kegiatan panen raya biji kopi robusta yang merupakan hasil tanam petani setempat.

Lalu, bersama Sekolah Tani Indonesia turut meresmikan Gudang Pupuk berbahan baku kompos cacing tanah.

Menurutnya, rangkaian kegiatan ini bagian dari inisiatif  Surveyor Indonesia Peduli untuk mendukung peningkatan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs). Yakni, Pendidikan Berkualitas, Konsumsi dan Produksi Yang Bertanggung Jawab, Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan, Ekosistem Daratan, serta Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan.

Baca juga : Gibran Geber Peternakan

“Yang kami lakukan, bukanlah pemberian bantuan yang sifatnya charity atau filantropi. Namun, upaya untuk mengedukasi, mengembangkan dan mendukung pertumbuhan komunitas-komunitas berkelanjutan, seperti Sekolah Tani yang sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu,” ujar Wahyu, melalui siaran pers, Jumat (7/6/2024).

Wahyu berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan peran perseroan dalam membangun ekonomi kerakyatan. Sehingga, selain membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara langsung, juga sebagai stimulus dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Ia berharap, para petani kopi di Wanasuka berhasil meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari proses bisnis maupun hasil panen.

"Alhasil, pendapatan mereka naik dan kesejahteraan keluarganya terjaga," katanya.

Baca juga : Jelang Pilkada Perdana, Wapres Minta Papua Selatan Tetap Sejuk Dan Damai

Selanjutnya, perseroan bersama Sekolah Tani Indonesia berfokus dalam peningkatan kualitas proses dan produk kopi.

"Dengan begitu, kopi yang dihasilkan dapat memenuhi standar kualitas yang dibutuhkan pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri. Mulai dari proses panen, pengeringan, hingga proses pengemasan bebernya.ucap Wahyu.

Selama ini, pihaknya juga berkolaborasi dengan local heroes yang rutin menggelar Lab Komputer Keliling. Bahkan, bersamaan dengan kegiatan panen raya, dilakukan sesi mengajar komputer dan pemberian bantuan sejumlah 10 unit laptop untuk SDN Srikandi 01, yang berdekatan dengan lokasi panen.

Ia menegaskan, perseroan terus berkomitmen dan berupaya mendorong pertumbuhan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan berkelanjutan.

Baca juga : Laga Persahabatan: Skor Kaca Mata Indonesia Vs Tanzania

"Kami ingin terus hadir di antara teman-teman petani, anak-anak penerus bangsa, pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menenengah) local heroes dan semua yang berada dalam ekosistem keberlanjutan," katanya.

Tak hanya itu, kegiatan serupa ini juga rutin dilakukan, baik secara korporat, maupun dalam lingkup Holding BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Jasa Survei, yaitu IDSurvey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan PT Sucofindo.

Di kesempatan yang sama, Founder Sekolah Tani Indonesia Fatoni Saputra mengungkapkan, terima kasih kepada Surveyor Indonesia atas kerja samanya dalam membangun ekonomi masyarakat Desa Wanasuka.

"Ke depan, banyak hal lain yang masih perlu disinergikan untuk terus meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Fatoni.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.