Dark/Light Mode

BTN Raih 2 Penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024

Senin, 10 Juni 2024 19:10 WIB
BTN meraih penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 dalam kelas Green Elite serta Platinum Plus dari Bumi Global Karbon (BGK) Foundation. (Foto: Ilustrasi BTN)
BTN meraih penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 dalam kelas Green Elite serta Platinum Plus dari Bumi Global Karbon (BGK) Foundation. (Foto: Ilustrasi BTN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk  atau BTN meraih penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 dalam kelas Green Elite serta Platinum Plus dari Bumi Global Karbon (BGK) Foundation.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada perusahaan yang berhasil menekan emisi karbon dalam proses bisnisnya, serta mempublikasikan laporan keberlanjutan perusahaan yang mengacu kepada GHG Protocol.

GHG protocol merupakan salah satu standar global yang digunakan banyak lembaga di berbagai negara untuk mengevaluasi kemajuan penerapan program penurunan emisi korporasi.

Baca juga : Asabri Raih Penghargaan Mitra BUMN Di Niscala Award Posindo 2024

Corporate Secretary BTN Ramon Armando menegaskan, apresiasi tersebut membuktikan komitmen BTN untuk menerapkan ESG (Environment, Social, and Governance) dan mengurangi emisi karbon dalam proses bisnis.

BTN berkomitmen kuat untuk berkontribusi membantu Indonesia menuju net zero emission (NZE) pada 2060.

"Kami sudah memiliki roadmap jangka panjang dalam implementasi ESG. Kami juga sudah menjalankan beberapa inisiatif strategi ESG berdasarkan enam komponen framework bertajuk Become The ESG Champion,” ucapnya dalam keterangan resmi, Senin (10/6/2024).

Baca juga : Indra Sjafri Manfaatkan Turnamen Di Eropa Buat Cari Skuad Terbaik Timnas U-20

Hasilnya, BTN telah mencatatkan perhitungan emisi scope 1 sebesar 7.282 ton CO2eq dan scope 2 sebesar 8.964 ton CO2eq dan scope 3 (termasuk financed emission) sebesar 812.347 ton CO2eq.

Ramon mengatakan, ada enam komponen framework BTN dalam mengimplementasikan ESG, yakni sustainable finance, climate change & ecoystems, people & community ESG in value chain, stakeholder inclusiveness and integrated GRC.

Terdapat berbagai langkah BTN dalam mengimplementasikan 6 komponen framework tersebut.

Baca juga : PLN Mobile Permudah Layanan Hingga Transaksi Pengguna Kendaraan Listrik

Pertama, dari segi lingkungan, BTN berupaya mengurangi emisi karbon lewat menjalankan transisi energi bersih dan clean banking operation (paperless dan efisiensi energi).

Kemudian, dari sisi sosial, BTN meningkatkan porsi talenta wanita dan pegawai disabilitas. Lalu, dari sisi governance sustainability, BTN telah membentuk ESG Commitee, Enterprise & ESG Risk Management Division, serta menerapkan kebijakan Cybersecurity, Data Privacy & anti-fraud, anti-corruption dan Whistle Blowing System (WBS).

"Ke depannya, BTN akan terus mengharmonisasikan prinsip ESG dengan kebijakan internal,” pungkas Ramon.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.