Dark/Light Mode

Pupuk Kaltim Sabet Dua Penghargaan Tertinggi IRCA 2024

Senin, 10 Juni 2024 19:44 WIB
Pupuk Kaltim meraih dua penghargaan terbaik dalam ajang Indonesia Regulatory Compliance Awards (IRCA) 2024 dari Hukumonline.(Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim meraih dua penghargaan terbaik dalam ajang Indonesia Regulatory Compliance Awards (IRCA) 2024 dari Hukumonline.(Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) meraih dua penghargaan terbaik dalam ajang Indonesia Regulatory Compliance Awards (IRCA) 2024 dari Hukumonline, atas implementasi strategi perusahaan dalam menjaga dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Direktur Operasi Pupuk Kaltim F Purwanto mengatakan, pihaknya meraih Best Enterprise in Regulatory Compliance sektor Manufaktur, dengan predikat Sapphire (Prosper A) sebagai penghargaan tertinggi.

Lalu, Most Inspiring Leader in Regulatory Compliance sektor Manufaktur bagi Direktur Utama Pupuk Kaltim.

Purwanto menjelaskan penghargaan ini bentuk apresiasi peran Pupuk Kaltim terhadap pencapaian, inovasi dan kontribusi dalam mendukung kepatuhan hukum terhadap peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Pupuk Kaltim dinilai memiliki komitmen tinggi untuk terus berinovasi, sekaligus meningkatkan Tata Kelola Perusahaan sesuai prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG).

"Pupuk Kaltim selalu menerapkan prinsip GCG di setiap aspek operasional perusahaan dan penghargaan ini menunjukkan, inovasi yang kami lakukan dalam meningkatkan kepatuhan GCG diakui dan diapresiasi," ujarnya, melalui siaran pers, Senin (10/6/2024).

Baca juga : Asabri Raih Penghargaan Mitra BUMN Di Niscala Award Posindo 2024

Purwanto menjelaskan, kepatuhan terhadap regulasi dan implementasi GCG menjadi fondasi utama perseroan dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Hal ini dilakukan untuk memastikan, setiap keputusan yang diambil tidak hanya mematuhi hukum, tetapi berlandaskan pada nilai etika yang tinggi sebagai hal mutlak dalam mengelola perusahaan. Terutama, di industri pupuk yang sarat dengan tantangan dan tanggung jawab terhadap lingkungan hingga masyarakat.

Dari hal tersebut, kata Purwanto, penerapan GCG secara konsisten tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan. Tetapi, juga memperkuat posisi perusahaan dalam menghadapi persaingan global.

Karenanya, langkah ini pun didukung seluruh insan perusahaan yang bekerja secara proaktif, berdedikasi dan selalu berinovasi meningkatkan standar GCG melalui berbagai strategi, guna memastikan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

"Kami percaya, dengan integritas, transparansi dan inovasi yang berkelanjutan, kita akan dapat menghadapi tantangan untuk meraih peluang masa depan dengan lebih baik," ungkapnya.

Ke depan, Purwanto memastikan, terus memperkuat aspek kepatuhan agar operasional bisnis perusahaan berjalan secara transparan dan akuntabel.

Baca juga : Layanan Wealth Management BRI Raih Penghargaan Internasional Di Global Private Banking Innovation Awards 2024

Hal ini didukung adopsi teknologi informasi, yang memungkinkan perusahaan memantau dan mengelola aspek kepatuhan guna mengidentifikasi segala potensi pelanggaran untuk segera ditangani.

Purwanto optimistis, pemenuhan terhadap peraturan perundang-undangan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sebagai keunggulan kompetitif di sektor manufaktur dan industri petrokimia.

"Penghargaan ini menjadi motivasi kami, untuk terus meningkatkan kinerja dan kepatuhan terhadap regulasi, serta berinovasi menjalankan usaha secara berkelanjutan dan bertanggung jawab," katanya.

Ia juga berkomitmen, untuk terus berkontribusi positif bagi industri, masyarakat dan lingkungan.

Di kesempatan yang sama, Chief Executive Officer Hukumonline Arkka Dhiratara menerangkan, IRCA merupakan yang pertama dan satu-satunya penghargaan bidang kepatuhan hukum di Indonesia.

Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi bagi perusahaan dan pimpinan korporasi atas dedikasi, kinerja dan upaya dalam menjalankan kepatuhan hukum di tiap proses bisnis.

Baca juga : PAN Jagokan Kapolda Jateng Jadi Gubernur Jawa Tengah Di Pilkada 2024

Terlebih, di tengah dinamika regulasi yang terus berubah di Indonesia, kepatuhan hukum tidak hanya menjadi sekadar kewajiban, tapi juga tanggung jawab moral dan etika bagi pelaku bisnis yang  senantiasa harus dijunjung tinggi.

Oleh karena itu, memastikan kepatuhan hukum dalam perusahaan merupakan tugas yang menantang. Hal tersebut juga sangat krusial dalam  meminimalisasi risiko hukum dan menjaga nama baik serta reputasi perusahaan.

"Dengan ajang IRCA 2024, diharapkan memacu semangat pelaku usaha, maupun praktisi kepatuhan hukum untuk terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme, menjaga integritas dan kelangsungan bisnis yang bertanggung jawab," ujar Arkka.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.