Dark/Light Mode

Dirut PHI Siapkan Empat Jurus Dukung Produksi Migas Nasional

Jumat, 14 Juni 2024 18:30 WIB
Direktur Utama PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Sunaryanto dalam acara Bincang Asik Soal Migas Ala PHI, atau disingkat BASO IGA PHI, di Jakarta pada Jumat (15/06). (Foto: Fazry/RM.id)
Direktur Utama PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Sunaryanto dalam acara Bincang Asik Soal Migas Ala PHI, atau disingkat BASO IGA PHI, di Jakarta pada Jumat (15/06). (Foto: Fazry/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) menyiapkan langkah-langkah strategis dalam upaya mendukung pencapaian target produksi minyak dan gas nasional. Ada Empat strategi utama yang bakal dijalankan perusahaan.

Direktur Utama PHI Sunaryanto menyebutkan, empat strategi utama yang dijalankan PHI, yakni melanjutkan program eksplorasi dan eksploitasi (pengembangan) melalui sinergi anak perusahaan PHI (borderless operation); mengoptimasi baseline dan pengembangan di step-out area.

"Menjaga keandalan fasilitas produksi, serta mengoptimasi biaya," tutur Sunaryanto dalam acara Bincang Asik Soal Migas Ala PHI, atau disingkat BASO IGA PHI, di Jakarta pada Jumat (15/06).

Dirut PHI juga menjelaskan berbagai tantangan dalam pengelolaan kegiatan hulu migas perusahaan di wilayah operasi di Kalimantan, yakni kondisi lapangan migas yang mature.

Tantangan lain yaitu fasilitas yang aging dimana rata-rata telah beroperasi lebih dari 50 tahun, serta keekonomian aset.

Baca juga : Dirut Pertamina Patra Niaga Turun Langsung Cek Kondisi Pipa Tuban

“Di PHI, kami terus melakukan berbagai inovasi dan aplikasi teknologi untuk mempertahankan keberlanjutan produksi. Dan mengelola tantangan bisnis dan operasional agar Perusahaan dapat memberikan nilai yang signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah dan masyarakat,” imbuh Anto, sapaan akrab Sunaryanto.

Menurutnya, hingga Triwulan I 2024, PHI-Regional 3 Kalimantan berhasil memproduksikan 611,2 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) dan 61,5 ribu barel minyak per hari (MBOPD).

“Kami terus berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan produksi migas perusahaan yang penting dalam mendukung ketahanan energi nasional,” pungkas Anto.

Pada kesempatan yang sama, Senior Manager Relations PHI Handri Ramdhani menjelaskan bahwa Perusahaan senantiasa berkolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan terkait dalam rangka menjaga tingkat keekonomian dan produktivitas lapangan-lapangan migas.

”Harapan kami, keberadaan Perusahaan dapat terus memberikan multiplier effect kepada masyarakat maupun industri lain, di antaranya melalui suplai gas ke Pupuk Kaltim, PLN Bontang dan PLN Tanjung Batu, Jargas Bontang, dan Jargas Kutai Kartanegara,” ungkap Handri.

Baca juga : Unicharm Luncurkan 3 Kategori Produk Edisi Terbatas Gunakan Bio Material

Untuk diketahui, BASO IGA PHI merupakan kegiatan temu media yang digelar rutin oleh Perusahaan untuk menginformasikan dan mendiskusikan perkembangan kegiatan hulu migas di Kalimantan.

Kegiatan BASO IGA PHI mulai diinisasi sejak 2021 dan menjadi ajang komunikasi Perusahaan dengan awak media.

Pada Tahun 2023, Program BASO IGA PHI ini berhasil mendapatkan Silver Award pada Media Relations Award oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) kategori Media Special Program.

PHI merupakan bagian Subholding Upstream Pertamina yang mengelola operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di Regional 3 Kalimantan.

PHI beroperasi di Kalimantan melalui anak perusahaan, di antaranya PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS), dan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) serta beberapa entitas lainnya.

Baca juga : Ketua KPTIK: Starlink Dukung Aktivitas Warga di Daerah 3T

Seperti Pertamina EP Sangatta Field, Sangasanga Field, Tanjung Field, Tarakan Field, dan Bunyu Field.

Tahun 2023, melalui anak perusahaan dan afiliasinya yang bekerja sama dengan SKK Migas, PHI mencatatkan produksi minyak sebesar 62,17 ribu barel minyak per hari (MBOPD) produksi gas sebesar 710 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.