Dark/Light Mode

Kembangkan Energi Bersih

Investasi Pertamina NRE Naik 8 Kali Lipat Jadi Rp 102 Triliun Pada 2029

Kamis, 20 Juni 2024 16:56 WIB
Chief Executive Officer (CEO) Pertamina NRE John Anis di Jakarta, Kamis (20/6/2024). (Foto: Fazry)
Chief Executive Officer (CEO) Pertamina NRE John Anis di Jakarta, Kamis (20/6/2024). (Foto: Fazry)

 Sebelumnya 
Tahun ini Pertamina NRE fokus dengan beberapa inisiatif prioritas, antara lain pengembangan bisnis bioethanol untuk mendukung peningkatan pemanfaatan bahan bakar nabati di Indonesia yang bekerja sama dengan Pertamina Patra Niaga, pengembangan area geothermal Lumut Balai 2 sebesar 55 MW, pengembangan bisnis geothermal di luar negeri, bisnis karbon, dan hidrogen untuk bahan bakar kendaraan (hydrogen for mobility).

Bisnis Tumbuh

Pertamina NRE menunjukkan pertumbuhan bisnis yang cukup baik.

Pada kinerja finansial tahun 2023, Pertamina NRE membukukan peningkatan pendapatan sebesar 6 persen dibandingkan tahun 2022, yaitu menjadi 411,5 juta dolar AS.

Baca juga : Top! Pertamina Kantongi Laba Rp 72 Triliun Pada 2023

Sedangkan EBITDA dan laba bersih berturut-turut mencapai sebesar 331,77 juta dolar AS dan 146,60 juta dolar AS, atau naik sebesar 11 persen dan 24 persen dibandingkan tahun 2022.

John mengapresiasi kerja keras seluruh keluarga besar Pertamina NRE sehingga pada tahun 2023 Pertamina NRE berhasil membukukan kinerja yang positif.

Dengan amanah yang dipercayakan kepada Pertamina NRE untuk memimpin transisi energi di Pertamina Group, tantangan yang dihadapi perusahaan tidak mudah.

Baca juga : Dedikasi Pada Lingkungan, Mitra Binaan Pertamina Hulu Energi ONWJ Raih Kalpataru

"Namun kami yakin dengan kolaborasi solid Pertamina NRE serta dukungan semua stakeholder, kami mampu mengawal transisi energi sesuai yang diharapkan,” ungkap John Anis.

Pada aspek operasional, di tahun 2023 Pertamina NRE berhasil meningkatkan produksi listrik menjadi 5.452 GWh, atau meningkat sebesar 17 persen dibandingkan tahun 2022.

Kenaikan tersebut dikontribusikan dari berbagai jenis pembangkitan, antara lain gas to power, geothermal, solar dan biogas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.