Dark/Light Mode

Pasar Ponsel Tanah Air

Oppo Gulingkan Samsung

Sabtu, 16 November 2019 00:46 WIB
Pasar Ponsel Tanah Air Oppo Gulingkan Samsung

RM.id  Rakyat Merdeka - Dominasi Samsung di pasar ponsel Indonesia makin terkikis. Riset International Data Corporation (IDC) yang dilansir Jumat (15/11) menyebut, kini Oppo-lah yang jadi penguasa baru di Tanah Air.  

IDC menyebut, lima vendor smartphone terlaris sepanjang kuartal ketiga tahun ini adalah Oppo, Vivo, Samsung, Realme, dan Xiaomi. Mayoritas perangkat menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon dan digawangi oleh vendor smartphone China.

Porsi market share yang paling tinggi adalah Oppo dengan persentase 26,2 persen. Oppo, kata IDC, memegang pangsa pasar terbesar di segmen low-end dengan rentang harga 100-200 dolar AS atau sekitar Rp 1,4-2,8 juta dan mid range direntang harga 200-400 dolar atau Rp 2,8-5,6 juta, seperti pada model K3, A5 dan A9.

Baca juga : Pak Menag, Renungkan Nasihat Yusuf Mansyur


Posisi kedua, Vivo dengan persentase 22,8 persen. Perusahaan pada kuartal ini merilis beberapa produk di berbagai kelas. Pangsa pasarnya tumbuh signifikan di kelas menengah dan model yang jadi sorotan adalah Z1 Pro.

Selanjutnya Samsung dengan persentase 19,4 persen. Posisinya beberapa waktu belakangan ini adalah imbas dari persaingannya dengan vendor China.

"Samsung kehilangan pangsa pasar yang cukup signifikan karena pembaruan dari seri A, menjadi As. Terjadi terlalu cepat setelah peluncuran seri A yang sukses di awal tahun ini," beber IDC.

Baca juga : Pengamat: Menteri Profesional dan Ahli Tingkatkan Citra Jokowi

Kemudian Realme, pendatang baru yang sudah mendapat 12,6 persen pangsa pasar. Perusahaan bersaing secara agresif dengan berbagai strategi pemasaran dan penawaran produk.

Terakhir Xiaomi dengan persentase 12,5 persen. Popularitas Xiaomi masih tetap ada, tapi sayangnya banyak unit tidak resmi di pasar, sehingga mengurangi penjualan unit resmi.

Sebelumnya, data kuartal kedua tahun ini menyebut, Samsung masih jadi penguasa ponsel di Indonesia, diikuti  Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Realme. Samsung pada memimpin dengan pangsa pasar 26,9 persen, diikuti Oppo dengan pangsa pasar 21,5 persen. Sedangkan pangsa pasar Vivo 17 persen, Xiaomi 16,8 persen dan Realme 6,1 persen. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.