Dark/Light Mode

Garuda Indonesia Siapkan Pesawat Pengganti GA-6239 Untuk Jemput Jemaah Haji Di Jeddah

Rabu, 3 Juli 2024 10:51 WIB
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Ist)
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia memastikan kesiapan pesawat pengganti imbas peristiwa Return to Base (RTB) pada  penerbangan GA-6239 dengan rute penerbangan Solo-Jeddah menggunakan pesawat Airbus 330-300, salah satu armada sewa yang dipersiapkan untuk melayani penerbangan haji pada tahun ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, pesawat tersebut sedianya dipersiapkan untuk melayani penerbangan dari Jeddah pada fase pemulangan jemaah haji Indonesia menuju Tanah Air. Adapun penyebab RTB tersebut dikarenakan adanya masalah teknis  pada salah satu engine pesawat sehingga diharuskan dilakukan pengecekan kembali dan tindak lanjut prosedur perawatan armada.

Baca juga : Harumkan Indonesia, Ini Sederet Penghargaan Internasional Diraih BRI Di Juni 2024

Penerbangan GA-6239 tersebut berangkat dari Solo setelah menjalani prosedur inspeksi pesawat rutin oleh pihak lessor maupun tim terkait. Sesaat setelah pesawat lepas landas, Pilot in Command (PIC) menemukan adanya indikator cockpit yang menunjukan kondisi salah satu engine pesawat yang memerlukan pengecekan lebih lanjut, sehingga PIC selanjutnya secara cepat memutuskan untuk melakukan prosedur RTB ke Solo. 

Pesawat dengan nomor registrasi T7-MMM yang mengangkut 14 awak pesawat yang terdiri dari 3 cockpit crew dan 11 awak kabin tersebut telah kembali ke Bandara Adi Sumarmo, Solo pada pukul 21.07 waktu setempat.

Baca juga : 13 Bandara InJourney Airports Mulai Layani Kepulangan Jemaah Haji Ke Tanah Air

"Awak pesawat melakukan proses disembark sesuai dengan ketentuan prosedur safety yang berlaku," ujar Irfan Setiaputra dalam keterangannya, Rabu (3/7/2024).

Garuda Indonesia juga telah berkoordinasi dengan otoritas penerbangan terkait guna memastikan tindak lanjut penanganan pesawat termasuk prosedur penarikan pesawat menuju parking stand guna memastikan tidak ada dampak operasional atas peristiwa RTB tersebut," jelasnya.

Baca juga : 6 Bandara AP II Siap Sambut Kepulangan Jemaah Haji, Ini Jadwalnya

Lebih lanjut, saat ini Garuda Indonesia juga telah melakukan optimalisasi mitigasi pesawat pengganti guna melayani operasional penerbangan haji pada fase pemulangan dari Jeddah tersebut.

"Kami tentunya memastikan bahwa kesiapan pesawat pengganti telah melalui serangkaian prosedur inspeksi kelaikan armada secara menyeluruh sebelum  diterbangkan kembali menuju Jeddah pada dini hari, Rabu (3/7/2024) sejalan dengan komitmen kami untuk senantiasa mengedepankan aspek safety pada seluruh layanan penerbangan," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.