Dark/Light Mode

Top, Garuda Indonesia Masuk Perusahaan Terbaik Asia Tenggara

Rabu, 19 Juni 2024 22:20 WIB
Top, Garuda Indonesia Masuk Perusahaan Terbaik Asia Tenggara

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia menerima rekognisi sebagai perusahaan transportasi nasional dengan peringkat tertinggi dalam daftar pemeringkatan Fortune Southeast Asia 500 tahun 2024 pada Selasa (18/6). 

Maskapai penerbangan nasional ini berada pada posisi ke 125 dari 500 perusahaan yang diperingat Fortune.

Masuknya, Garuda Indonesia dalam jajaran perusahaan top di Asia Tenggara, tidak terlepas dari catatan kinerja yang terus membaik. Pendapatan usaha konsolidasi tahun fiskal 2023 tercatat sebesar US$ 2,94 miliar atau tumbuh 40% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Capaian ini merupakan pertama kali bagi Garuda Indonesia menyusul landasan kinerja yang semakin sehat pasca selesainya proses restrukturisasi pada akhir tahun 2022 lalu, di mana pada tahun 2023 lalu, Garuda Indonesia berhasil memperoleh laba sebesar US$ 251 juta.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan, adanya pengakuan terhadap capaian kinerja perusahaan di sepanjang tahun 2023 tersebut, tentunya menjadi dorongan tersendiri bagi perusahaan untuk terus menguatkan fundamen kinerja secara berkelanjutan guna memaksimalkan potensi pendapatan di tengah geliat industri penerbangan yang kini mulai kembali kompetitif.

Baca juga : Pemerintah Paparkan Potensi Indonesia Jadi Pemimpin Produsen Hidrogen & Amonia Regional

Selain upaya peningkatan pendapatan usaha yang terus dioptimalkan, tahun kinerja 2023 juga menjadi milestone Garuda Indonesia dalam mengimplementasikan berbagai aksi korporasi dan inisiatif berkelanjutan.

"Hal ini diharapkan dapat menjadi fokus perusahaan untuk menjadi bisnis penerbangan yang adaptif dan profitable, di antaranya perluasan jaringan penerbangan langsung dari dan menuju berbagai destinasi internasional, pengoperasian perdana penerbangan komersial dengan energi terbarukan pertama di Indonesia hingga program kolaborasi Carbon Offsetting,” kata Irfan dalam keterangannya, Rabu (19/6).

Fortune Southeast Asia 500 yang digelar oleh Fortune adalah perusahaan media multiplatform ternama asal Amerika Serikat ini untuk pertama kalinya menampilkan daftar 500 perusahaan terbaik se-Asia Tenggara.

Pengukurannya dilihat berdasarkan pendapatan (konsolidasi) perusahaan dari tujuh negara, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Kamboja.

Perusahaan tersebut, memiliki latar belakang industri yang beragam, di antaranya industri perbankan, minyak dan gas, pertambangan, teknologi, ritel, hingga transportasi.

Baca juga : Gokil! Peringkat Daya Saing Indonesia Melejit, Lampaui Jepang Dan Inggris

Dengan adanya pemeringkatan berskala regional ini, kata Irvan tentunya menjadi salah satu tolok ukur bagaimana tren atau tantangan dari ragam faktor eksternal yang dihadapi oleh para perusahaan setelah fase pandemi. 

“Ini sebuah kebanggaan tersendiri di tengah intensnya langkah perbaikan yang dilakukan oleh perusahaan, capaian perbaikan tersebut turut diperhitungkan sebagai perusahaan-perusahaan terbaik di kawasan regional,” ungkap Irfan.

Menyadari peran penting Garuda Indonesia sebagai salah satu pilar kelancaran aksesibilitas masyarakat, baik antar wilayah di Indonesia maupun ke negara-negara lainnya, fase pasca pandemi menjadi momentum perusahaan untuk terus memastikan langkah perbaikan pada seluruh lini tersampaikan dengan baik, sehingga kepercayaan masyarakat senantiasa terjaga melalui kualitas layanan dan operasional penerbangan yang aman dan nyaman. 

Penambahan 8 Armada Baru 

Tahun ini, Garuda Indonesia tengah mengembangkan bisnis, di antaranya rencana penambahan 8 armada secara bertahap untuk mendukung percepatan penambahan frekuensi jumlah penerbangan dan perluasan jaringan penerbangan domestik maupun internasional.

Baca juga : Top! Pertamina Ranking 3 Perusahaan Terbesar Versi Fortune 500 Asia Tenggara

Selain itu, Garuda Indonesia juga mengenalkan layanan New Wireless Inflight Entertainment di dua armada Narrow body (PK-GUD dan PK-GUE), dan layanan premium tambahan lainnya. Layanan ini diharapkan akan menyempurnakan kelancaran dan kenyamanan perjalanan penerbangan para pengguna jasa bersama Garuda Indonesia. 

"Kami berharap dengan serangkaian aksi korporasi ini, ke depannya performa kinerja Garuda Indonesia akan terus konsisten menunjukkan perbaikan signifikan dan mampu mencapai target keuntungan yang turut membawa kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia,” tutup Irfan.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.