Dark/Light Mode

Gandeng Pemkot

Chandra Asri Aspal Jalan Cilegon Pakai Campuran Sampah Plastik

Senin, 25 November 2019 17:45 WIB
Chandra Asri dan Pemkot Cilegon manfaatkan sampah plastik untuk campuran aspal. (Foto: Chandra Asri)
Chandra Asri dan Pemkot Cilegon manfaatkan sampah plastik untuk campuran aspal. (Foto: Chandra Asri)

RM.id  Rakyat Merdeka -
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bersama dengan Pemerintah Kota Cilegon meresmikan jalan aspal dengan campuran sampah kantong plastik sepanjang 19 kilometer (Km). Ini merupakan bentuk kerja sama dalam pengelolaan sampah plastik.

Dalam penggarapan jalan aspal plastik yang tersebar di 34 titik ini, Chandra Asri memberikan dukungannya kepada Pemkot Cilegon melalui penyediaan 16.5 ton kantung plastik bekas atau sekitar 5-6 persen. Tipe sampah tipe High Density Polyethylene (HDPE) untuk campuran bahan aspal. 

Baca juga : Pelindo I Kembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung

“Sejalan dengan tekad kami untuk menjadi partner pertumbuhan yang dapat diandalkan, kami bangga dapat terlibat dalam proyek pembangunan infrastruktur daerah bersama Pemkot Cilegon untuk implementasi jalan aspal dengan campuran sampah plastik,” papar VP Corporate Relations Chandra Asri Suhat Miyarso di Tangerang, Senin (25/11).

Selain menjadi salah satu solusi dalam pengelolaan sampah plastik, campuran plastik pada aspal juga dapat meningkatkan stabilitas jalan hingga 40 persen lebih kuat dibandingkan dengan aspal pada umumnya. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian Kementerian PUPR.

Baca juga : Nurbaya Ajak Kader NasDem Kurangi Sampah Plastik

“Kolaborasi ini adalah wujud sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan private sector dalam mencari solusi yang tepat dan dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan sampah plastik, serta guna bersama-sama menciptakan dampak yang positif untuk kota Cilegon,” lanjut Suhat.

Pada 2018, Chandra Asri telah lebih dulu menerapkan aspal plastik di kompleks petrokimianya di Cilegon, Banten. Dukungan terhadap program aspal plastik juga ditunjukkan Chandra Asri melalui Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (INAPLAS) yang baru saja menadatangani MoU kerja sama implementasi aspal plastik seluas 1.580 meter persegi (m2) dengan Pemerintah Kota Tegal pada 5 November 2019. [DIT]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.