Dark/Light Mode

Anggaran ESDM Separuhnya Dukung Perekonomian Rakyat

Kamis, 17 Januari 2019 14:09 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial (Foto: Istimewa)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - KementerianEnergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4,98 triliun untuk 2019. Jumlah tersebut turun Rp 1,58 triliun dari anggaran tahun lalu berkisaran Rp 6,5 triliun. 

“Pagu tahun ini memang turun dibandingkan tahun 2018. Tapi kami tetap berkomitmen untuk mengalokasikan 50 persen anggaran atau sebesar Rp 2,52 triliun untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat,”  ungkap   Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial usai rapat pembahasan anggaran dengan Komisi VII DPR, di Senayan, Jakarta, kemarin. 

Baca juga : Bubarkan BMKG!

Ego merinci, alokasi anggaran itu antara lain pembangunan infrastruktur jaringan gas bumi dan rumah tangga sebanyak 78.216 sambungan rumah (SR) dengan anggaran sebesar Rp 852,5 miliar. Pembagian alat pengubah konsumsi bahan bakar nelayan dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) pada kapal nelayan sebanyak 14.305 paket senilai Rp 119,4 miliar. 

Revitalisasi 12 pos pengamatan gunung api sebesar Rp 18 miliar. Pengeboran air tanah sebesar Rp 2,9 miliar. Pembagian 98.481 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sebesar Rp 315 miliar. Dan pembangunan 10 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat di kawasan terdepan, terluar, terpencil dan tertinggal sebesar Rp 118,7 miliar. 

Baca juga : Rute Kuala Lumpur-Banyuwangi Kerek Ekonomi Daerah

Selain Ego Syahrial, pejabat Kementerian ESDM yang turut hadir di rapat tersebut adalah Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot Ariyono, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyana dan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto. 

Wakil Ketua Komisi VII DPR Ridwan Hasjim meminta, Kementerian ESDM amanah dalam mengelola anggaran. “Dengan anggaran sebesar itu, kami (DPR), ingin melihat program kerja berjalan baik dan penggunaan anggaran di lingkungan ESDM pada 2019 juga sesuai peruntukannya,” tegas Ridwan. 

Baca juga : Pendidikan Di Kampus Wajib Sejalan Dengan Perkembangan Zaman

Sekadar informasi, pada pagu anggaran 2018, Kementerian ESDM melakukan belanja infrastruktur untuk rakyat mencapai Rp 3,24 triliun atau 54 persen dari total anggaran Kementerian ESDM sebesar Rp 6,57 triliun. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.