Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berikan Pemahaman Arbitrase ke Masyarakat, BANI Luncurkan Buku

Rabu, 4 Desember 2019 15:44 WIB
Peluncuran buku Peran BANI dalam Arbitrase di Indonesia. (Foto: Istimewa)
Peluncuran buku Peran BANI dalam Arbitrase di Indonesia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memberikan pemahaman tentang dunia arbitrase di Indonesia, Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) meluncurkan buku berjudul “Peran BANI dalam Arbitrase di Indonesia”. Peluncuran dilakukan bertepatan dengan ulang tahunn ke-42 BANI, Jumat (29/11).      

Ketua Umum BANI, M Husseyn Umar, mengungkapkan, bahwa buku tersebut menjelaskan perjalanan BANI selama 42 tahun berkembang dalam dunia arbitrase di Indonesia. Sebelum adanya UU Nomor 30/1999, BANI sudah hadir di Indonesia dengan acuan dari Arbitrase Internasional.      

Baca juga : Permendag No. 70 Tahun 2019 Bisa Bikin Masyarakat Tenang

“Sejak tahun 1977 BANI berdiri, secara kongkret tidak ada orang yang tahu arbitrase itu apa. Dahulu memang ada peraturan pada zaman Belanda. Namun, namanya bukan arbitrase, melainkan pewasitan,” ujar Husseyn, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (4/12).      

Kata Husseyn, lada saat peluncuran buku tersebut juga diadakan seminar internasional. Seminar ini turut dihadiri oleh beberapa komunitas seperti komunitas hukum, komunitas bisnis, beberapa perguruan tinggi, dan narasumber dari beberapa negara seperti Brunei Darussalam dan Malaysia.      

Baca juga : Bamsoet Inisiasi Pembentukan Forum Aspirasi Masyarakat Papua dan Papua Barat

Hendy, project manager selama proses pembuatan buku, berharap, dengan peluncuran tersebut seluruh pelaku arbitrase menjadi paham betul bagaimana proses arbitrase di Indonesia. “Saat ini penyelesaian sengketa melalui jalur arbitrase sangat dipertimbangkan bagi para pelaku usaha, jadi sayang sekali jika pelaku bisnis tidak memahami dengan baik tentang arbitrase,” ujar Hendy.      

Ia menambahkan, buku tersebut tidak dijual secara bebas. Buku tersebut hanya bisa didapatkan di Kantor BANI. Ada dua versi buku, yaitu versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.