Dark/Light Mode

Pendidikan Harus Berikan Skill dan Pemahaman Agama Secara Bersamaan

Sabtu, 9 November 2019 14:27 WIB
A Bazari Syam (Foto: Dok SMK Islam Insan Mulia)
A Bazari Syam (Foto: Dok SMK Islam Insan Mulia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia pendidikan diminta tidak hanya fokus memberikan keterampilan atau skill kepada para siswanya. Dunia pendidikan juga harus memberikan nilai-nilai agama, moral, dan budi pekerti yang baik.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Banten, A Bazari Syam, dalam Peresmian Masjid dan Gedung Serba Guna sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di SMK Islam Insan Mulia, Pagedangan, Tengarang, Banten, Sabtu (9/11). Acara berlangsung ramai tapi khidmat. Sekitar 50 majelis taklim di Tangerang ikut hadir. Total jemaah dan orang tua siswa yang hadir sekitar 2.000 orang.

Baca juga : Pelindo III Lanjutkan Penataan Pelabuhan Benoa

"Pendidikan jangan hanya memberikan keterampilan dan skill. Anak-anak juga harus dibekali nilai-nilai Islam, nilai moral. Karena itu akan menjadi bekal penting bagi mereka nanti," ucapnya.

Bazari Syam kemudian memuji H Madsuro, pendiri SMK Islam Insan Mulia Menurutnya, H Madsuro telah mendapatkan hidayah. Sebab, telah mendirikan SMK Islam Insan Mulia dengan sangat megah namun dengan biaya pendidikannya sangat terjangkau bagi masyarakat sekitar.

Baca juga : Menpora Ingin Tata Kelola Olahraga Dibenahi Bersama

Ketua Yayasan Pendidikan Nurul Amal, Suhardi, bersyukur dengan meriahnya acara peresmian Gedung Serba Guna dan Masjid sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMK Islam Insan Mulia. Dosen Universitas Muhammadiyah Tangerang kemudian memastikan, SMK I Insan Mulia akan menjadi basis pendidikan keterampilan sekaligus basis pendidikan Islam.

Suhardi melihat, prospek SMK Islam Insan Mulia sangat besar. Sebab, kawasan Gading Serpong, Tangerang, lokasi sekitar SMK Islam Insan Mulia sedang berkembang pesat. Banyak perkantoran, hotel, rumah sakit, dan pusat otomotif dibangun di daerah ini. Semua itu nantinya bisa mengambil tenaga kerja di SMK Islam Insan Mulia.

Baca juga : Organisasi Perempuan Harus Berbagi Peran dalam Pembangunan

Terakhir, dia bersyukur karena punya sosok H Madsuro. Kakanwil Kemenag Banten pertama itu begitu komitmen terhadap dunia pendidikan. H Madsuro tak pernah sayang dalam mengeluarkan uang untuk membangun dan menyediakan fasilitas secara lengkap untuk SMK Islam Insan Mulia. Yang istimewa, H Madsuro berpesan, agar SMK Islam Insan Mulia tak boleh memungut biaya mahal bagi siswa yang belajar di sana. "Warga Pagedangan beruntung punya sosok Abah H Madsuro," ucapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.