Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
- Real Madrid Jaga Asa Juara, Villareal Berpeluang Menembus Liga Champions
- Setelah 51 Tahun, Bologna Angkat Trofi Coppa Italia
- Jadi Rebutan, Kakak Pemain Timnas Indonesia Ini Dibanderol Rp1,3 Triliun
- Tumbuh 6,4 Persen, Utang Luar Negeri RI Triwulan I-2025 Rp 7.116 T
- Espanyol Vs Barcelona, Derbi Untuk Sang Juara
Gandeng Supermom, Prudential Targetkan 5 Ribu Peserta Ikut Pelatihan Project 1MPACT
Jumat, 20 Desember 2024 17:18 WIB

RM.id Rakyat Merdeka - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berkolaborasi bersama Supermom, sebuah platform data berbasis AI dengan komunitas digital terbesar di Asia untuk ibu dan wanita, menghadirkan Kelas ‘Financial Literacy through Project 1MPACT’.
Kegiatan ini terdiri dari 4 sesi kelas mulai dari akhir November 2024 hingga awal tahun 2025 yang diadakan secara tatap muka maupun online, menargetkan 5.000 peserta ibu-ibu dari berbagai wilayah di Indonesia.
Chief Customer & Marketing Prudential Indonesia Karin Zulkarnaen menjelaskan, kegiatan ini menekankan pentingnya peran ibu dalam melengkapi diri dengan ilmu dan keahlian perencanaan keuangan untuk masa depan keluarga yang lebih baik.
“Melalui program ini, peserta juga diberikan pelatihan tentang bagaimana memperoleh penghasilan tambahan bagi kesejahteraan keluarga memanfaatkan platform digital,” ujarnya, Jumat (20/12/2024).
Karin menyebut, ibu merupakan perancang masa depan keuangan keluarga yang berperan menentukan tujuan keuangan, merancang strategi menabung dan berinvestasi, serta membangun keamanan finansial bagi keluarga.
“Komitmen kami untuk terus memberdayakan ibu-ibu di Indonesia melalui pengetahuan dan pelatihan terkait perencanaan keuangan keluarga. Mulai dari mengelola keuangan sehari-hari, pentingnya dana darurat, dana pendidikan, asuransi, hingga investasi,” ujarnya.
Baca juga : Ratusan Peserta Didik Berprestasi Pamerkan Ragam Proyek Kebaikan
Sejalan dengan kehadiran 29 tahun Prudential di Indonesia, yang terus memperkuat komitmennya menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi kini dan nanti.
Selain itu, sebagai wujud dukungan terhadap program GENCARKAN (Gerakan Nasional Cerdas Keuangan) dari OJK guna meningkatkan literasi keuangan dan asuransi secara merata di Indonesia bagi perempuan, termasuk para ibu.
Pada tahun 2024, Prudential Indonesia telah menjangkau lebih dari 550 ibu-ibu di berbagai wilayah di Indonesia dan secara keseluruhan telah menjangkau lebih dari 260.000 peserta baik perempuan, ibu, anak muda, guru, UMKM, dan komunitas disabilitas.
“Ini merupakan wujud nyata kehadiran Prudential dalam meningkatan literasi keuangan bagi perempuan termasuk ibu-ibu sejak tahun 2009 hingga saat ini, baik secara online maupun tatap muka ke lebih dari 20 juta perempuan Indonesia,” kata Karin.
Seiring dengan perkembangan teknologi khususnya di era digital, perempuan termasuk para ibu sangat perlu mendapatkan pelatihan yang bertujuan meningkatkan kompetensi digital mereka (digital upskilling), sehingga dapat memanfaatkan platform digital dengan aman dan bijak untuk hal-hal yang produktif.
“Inilah yang kami lakukan bersama Supermom dalam memberikan edukasi dan pelatihan agar mereka dapat semakin mandiri secara finansial, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan memberikan dampak positif bagi soaial dan lingkungannya,” tambah Karin.
Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari program Project 1MPACT dari Supermom Indonesia yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (saat ini terbagi menjadi Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif).
Project 1MPACT bertujuan memberikan pelatihan keterampilan digital gratis kepada 1 juta ibu dan wanita di seluruh Indonesia, agar mereka dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.
Kegiatan ini sejalan dengan target nasional yang ditetapkan pemerintah untuk memiliki 9 juta talenta digital di 2030.
Sementara itu, Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dewa Ayu Laksmi menyatakan, inisiatif dari Prudential Indonesia bekerja sama dengan Supermom ini sangat baik untuk meningkatkan pemahaman para ibu mengenai pengelolaan keuangan yang baik, sehingga mereka mampu memulai usaha, membangun UMKM, atau bekerja dari rumah sehingga memiliki penghasilan sendiri.
Program ini juga selaras dengan inisiatif Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam pengarusutamaan gender di bidang ekonomi.
Fokusnya adalah, memberdayakan perempuan agar mandiri secara finansial, mengingat sekitar 90 persen permasalahan sering kali berakar pada isu ekonomi.
Baca juga : Gandeng OJK dan MES, Prudential Indonesia Berdayakan 20 Juta Perempuan Indonesia
“Kolaborasi menjadi kunci, baik dengan OJK, lembaga keuangan, termasuk Prudential Indonesia,” sebut Dewa.
Dewa menekankan, perempuan tidak bisa bergerak sendiri. Harus bersama-sama menyuarakan, mengedukasi, dan maju bersama, gaung akan lebih terdengan sehingga dampak yang dihasilkan akan lebih besar.
“Hal ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan ekonomi dan isu-isu terkait perempuan secara lebih efektif,” ujar Dewa.
Di kesempatan yang sama, Country Director dari Supermom Indonesia Hellen Katherina menuturkan, Pemerintah Indonesia memproyeksi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia akan menembus angka 228 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada 2027
“Dalam konteks tersebut, kami ingin memastikan bahwa para Ibu di Indonesia bisa merasakan dampak positifnya secara langsung bagi kesejahteraan keluarga mereka,” ucap Hellen.
Project 1MPACT telah diluncurkan secara resmi sejak 3 Juli 2024 lalu dan akan berjalan selama 18 bulan hingga Desember 2025 mendatang.
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya