Dark/Light Mode

Polri Bantu Palestina Lewat Kerja Sama Kepolisian

Rabu, 18 Desember 2019 07:12 WIB
Kepala Kepolisian Palestina, Mayjen Hazem Attallah dan Irjenpol HS Maltha memperlihatkan cenderamata dalam pertemuan di Kedutaan Besar Palestina di Amman, Yordania, Selasa (17/12).
Kepala Kepolisian Palestina, Mayjen Hazem Attallah dan Irjenpol HS Maltha memperlihatkan cenderamata dalam pertemuan di Kedutaan Besar Palestina di Amman, Yordania, Selasa (17/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bentuk dukungan konkret RI (Republik Indonesia) kepada Palestina, Polri menawarkan bantuan kerja sama teknis dalam bentuk pelatihan kepada Kepolisian Palestina. 

Tawaran tersebut disampaikan delegasi Polri yang dipimpin Kepala Divisi Hubungan Internasional, Irjenpol HS Maltha yang didampingi Andy Rachmianto, Dubes  RI untuk Palestina dan Yordania yang berkedudukan di Amman dan Kepala Biro Misi Internasional (Karomisinter) Divhubinter Brigjen Krishna Murti dalam pertemuan dengan Kepala Kepolisian Palestina, Mayjen Hazem Attallah, di Kedubes Palestina di Amman (17/12).

Baca juga : RI Dan Timur Leste Komitmen Tangani Sampah Plastik Di Laut

Dalam keterangan yang diterima RMco.id,  pPertemuan ini merupakan tindak lanjut pertemuan antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan Mayjen Hazem pada Mei 2018. Dalam pertemuan dibicarakan kerja sama antara kedua kepolisian, khususnya rencana bantuan pengembangan kapasitas bagi kepolisian Palestina serta kerja sama penanggulangan kejahatan transnasional, antara lain terorisme, cyber crime (kejahatan siber) dan penyalahgunaan narkoba.

Kedua pihak juga membahas tentang penyiapan personel National Central Bureau (NCB) Interpol Palestina, yang baru saja bergabung dengan dukungan penuh Indonesia pada 2017. Kedua belah pihak sepakat untuk segera merealisasikan kerja sama tersebut awal 2020.

Baca juga : Bertemu di Bali, Prabowo dan Menhan Australia Bahas Kerja Sama Pertahanan

Kerja sama ini akan dimulai dengan pengiriman beberapa personel kepolisian Palestina ke Indonesia untuk berlatih kemampuan taktis kepolisian serta pelatihan petugas NCB Interpol Palestina. Polri juga akan mengundang Kepala Kepolisian Palestina untuk berkunjung ke Indonesia guna penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak.

“Kunjungan delegasi Polri ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan konkret Indonesia kepada Palestina dan Yordania,” kata Dubes Andy.

Baca juga : Garuda Kesenggol Harley

Bantuan ini bukan yang pertama kali diberikan Polri. Pada 2016, 10 personel Kepolisian Palestina telah dilatih Polri untuk melakukan investigasi tindak pidana kejahatan siber. Dalam kunjungan ke Yordania ini, delegasi Polri diwakili Brigjen Krishna Murti juga berkesempatan bertemu dengan Direktur Urusan Pasukan Perdamaian, Kepolisian Yordania, Brigjen Ahmad Syakir.

Pada pertemuan ini, kedua pihak menjajaki rencana kerja sama di bidang pelatihan pasukan pemeliharaan perdamaian PBB mengingat kedua negara adalah penyumbang pasukan PBB.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.