Dark/Light Mode

Tahun Baru, Trafik Data Telkomsel Naik 16 Persen

Senin, 6 Januari 2020 21:09 WIB
Suasana pemantauan performansi layanan Telkomsel di seluruh Indonesia oleh jajaran direksi dan manajemen Telkomsel pada malam pergantian tahun di Jakarta (31/12). (Foto: Ist)
Suasana pemantauan performansi layanan Telkomsel di seluruh Indonesia oleh jajaran direksi dan manajemen Telkomsel pada malam pergantian tahun di Jakarta (31/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Trafik layanan data Telkomsel pada pergantian tahun 2020 mencapai 23.9 petabyte. Jumlah ini naik 16 persen dibandingkan hari normal 2019. Sementara jika dibandingkan dengan pergantian tahun baru 2019, kenaikannya mencapai 39 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Sumatera Utara dan Bali–Nusa Tenggara dengan peningkatan masing-masing sekitar 24 persen dan 23 persen dibandingkan hari normal. Sedangkan Papua-Maluku naik 23 persen dan Jawa Tengah naik 21 persen.

“Peningkatan ini ditopang oleh penggunaan video streaming di smartphone atau komputer tablet saat pergantian tahun baru. Selain itu, pelanggan juga melakukan aktivitas tahun baru melalui berbagai media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan yang mengalami peningkatan pada periode ini,” ujarnya.

Baca juga : Sempat Down Karena Banjir, Jaringan Telkomsel Normal Lagi

Menurut dia, kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial yang mencapai sekitar 36 persen. Pelanggan juga dengan menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sekitar 26 persen. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 17 persen terhadap penggunaan layanan data.

Untuk layanan suara dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara mengalami penurunan sekitar 3 persen menjadi 1.12 miliar menit. Sedangkan trafik layanan SMS masih mengalami kenaikan sekitar 9 persen menjadi 595 juta SMS.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, sejak jauh hari Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia. Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat.
 
“Dengan begitu, penguatan jaringan dari Telkomsel mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia,” katanya.

Baca juga : Tinjau Titik Banjir, Wakil Wali Kota Bekasi Pastikan Pemkot Hadir Menjamin Warganya

Telkomsel juga telah memaksimalkan kapasitas jaringan di sepanjang akses jalur tol Jakarta Cikampek II Elevated (Japek Layang) yang sudah beroperasi resmi pada pertengahan bulan Desember 2019 ini. Secara khusus, Telkomsel membangun sekitar 82-unit BTS di sepanjang jalur tol yang berjarak 39 Km tersebut, di mana seluruhnya mengunakan teknologi multi-band Long Term Evolution (LTE). 

Sebelumnya, Telkomsel juga telah memaksimalkan kapasitas jaringan di 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, yang sudah dilayani sekitar 2.226 BTS Telkomsel. Hal tersebut membuat jalur utama tol Trans Sumatera dan tol Trans Jawa sudah terjangkau sinyal Telkomsel 100 persen secara berkesinambungan.

Dari sisi pelayanan pelanggan, terhitung sejak 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020, Telkomsel telah menyiagakan 324 Mobile GraPARI (MoGI) dan 3.716 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

Baca juga : Jaringan Terganggu Banjir, Telkomsel Optimalkan Perangkat Pendukung

“Kami bersyukur berbagai upaya persiapan dalam momen pergantian tahun sudah dilakukan. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan agar semakin nyaman dalam menggunakan layanan-layanan dari Telkomsel kapan pun dan di mana pun,” tutup Denny. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.