Dark/Light Mode

Libur Nataru, Trafik Data Telkomsel Diprediksi Naik 26,34 Persen

Jumat, 20 Desember 2019 21:52 WIB
(dar kiri) General Manager Operation Center Management Telkomsel Ahmad Wahyudi, Vice President Network Operation and Quality Management Area Jabotabek Jabar Awal Rachman Chalik, General Manager Prime Segment Sales and Care Planning Telkomsel Benny Hamdani usai drive test jaringan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Jumat (20/19). (Foto: Ist)
(dar kiri) General Manager Operation Center Management Telkomsel Ahmad Wahyudi, Vice President Network Operation and Quality Management Area Jabotabek Jabar Awal Rachman Chalik, General Manager Prime Segment Sales and Care Planning Telkomsel Benny Hamdani usai drive test jaringan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Jumat (20/19). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -
Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Telkomsel memastikan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan telekomunikasi. Telkomsel juga memprediksi pada momen tersebut akan terjadi peningkatan akses layanan berbasis streaming video maupun musik. Ini seiring dengan semakin kuatnya adopsi gaya hidup digital oleh masyarakat.

Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto mengatakan, setiap tahunnya, Telkomsel konsisten memperkuat layanan telekomunikasi untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi pelanggan yang semakin meningkat pada momen Nataru. “Dengan tren pertumbuhan trafik data Telkomsel yang diprediksi akan kembali berlanjut pada musim liburan akhir tahun ini, kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan sehingga pelanggan dapat terus saling terhubung,” ujarnya di Karawang, Jumat (20/12).

Iskri kemudian menambahkan bahwa Telkomsel juga memastikan kenyamanan pelanggan dalam menjalani gaya hidup digital dalam berbagai aktivitasnya. Dengan optimalisasi jaringan broadband Telkomsel, pelanggan dapat menggunakan layanan internet Telkomsel seperti mengunggah berbagai macam konten di media sosial, melakukan panggilan video, atau menonton video di berbagai platform layanan streaming dengan nyaman bahkan ketika berada di pusat keramaian hingga jalur tol yang paling padat sekalipun. “Hal tersebut diharapkan mampu menumbuhkan semangat baru dalam menghadapi momen pergantian tahun yang menyala di tiap-tiap diri pelanggan Telkomsel,” katanya.

Pada momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Telkomsel memprediksi trafik data akan mengalami peningkatan 26,34 persen. Prediksi tersebut didasari perilaku pelanggan yang berselancar internet seperti aktivitas di media sosial, streaming video, atau streaming musik. Untuk akses layanan berbasis streaming sendiri, Telkomsel memperkirakan akan terjadi kenaikan sebesar 51 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Baca juga : Libur Nataru, Garuda Beri Diskon Hingga 40 Persen untuk Rute Indonesia Timur

Dalam mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan drive test jaringan di berbagai daerah di Indonesia. Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat. Dengan begitu, penguatan jaringan dari Telkomsel mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah memaksimalkan kapasitas jaringan di 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, yang sudah dilayani lebih dari 2.200 BTS Telkomsel. Hal tersebut membuat jalur utama tol Trans Sumatera dan tol Trans Jawa sudah terjangkau sinyal Telkomsel 100 persen secara berkesinambungan.

Sedangkan aktivitas pengembangan dan penguatan elemen jaringan yang terbaru dari Telkomsel untuk NARU tahun ini adalah dengan memastikan kesiapan infratruktur jaringan 4G di sepanjang akses jalur tol Jakarta Cikampek II Elevated (Japek Layang) yang sudah beroperasi resmi pada pertengahan Desember 2019 ini. Secara khusus, Telkomsel membangun 67 unit BTS di sepanjang jalur tol yang berjarak 36,4 km tersebut, dimana seluruhnya mengunakan teknologi multi-band Long Term Evolution (LTE) dan melakukan penambahan kapasitas di 99 BTS 4G LTE.

Telkomsel juga menjadikan momen Nataru tahun ini untuk  memberikan edukasi kepada pelanggan mengenai teknologi telekomunikasi terkini di kota Batam, Jakarta, Pontianak dan Manado, melalui  berbagai use case seperti olahraga pingpong secara virtual, permainan vitual reality (VR) dan augmented reality (AR) serta belajar secara online.

Baca juga : Maju Wali Kota Solo, Popularitas Gibran 82 Persen

Sebagai bentuk komitmen menghadirkan layanan secara menyeluruh dan memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan selama musim liburan tersebut, terhitung sejak 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020, Telkomsel telah menyiagakan 324 Mobile GraPARI (MoGI) dan 3.716 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan Posko Telkomsel Siaga di sejumlah titik POI yang diprediksi akan menjadi titik berkumpulnya masyarakat dalam jumlah besar, seperti titik transit transportasi (Bandara, Pelabuhan, Terminal dan Stasiun), tempat wisata, pasar modern dan tradisional, sekitar tempat beribadah, rest area dan lain sebagainya. Posko Telkomsel Siaga tersebut bukan hanya akan menyediakan beragam layanan terdepan Telkomsel, namun juga layanan hiburan yang dapat dinikmati secara langsung bagi pengunjung yang hadir.

Hingga saat ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dan kawasan perbatasan. Dari jumlah tersebut, lebih dari 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G. Lebih lanjut, untuk mengakselerasikan jangkauan serta kualitas jaringan 4G di Indonesia, Telkomsel mengimplementasikan teknologi 4G LTE ini di seluruh BTS yang menggunakan frekuensi 900Mhz. Jangkauan layanan 4G yang telah mencapai 95 persen dari total wilayah populasi di Indonesia akan terus Telkomsel tingkatkan demi memberikan akses telekomunikasi terdepan bagi masyarakat di seluruh kota/kabupaten yang ada di Indonesia.

Kegiatan penguatan jaringan  dan layanan pelanggan Telkomsel ini melengkapi rangkaian program Roadshow Nataru 2019 yang telah berlangsung sejak 29 November 2019. Di mana Telkomsel juga memberikan bantuan kepada 2.500 masyarakat yang membutuhkan, 2.500 anak panti asuhan, dan 40 tempat ibadah atau yayasan sosial di seluruh Indonesia.

Baca juga : Sambut Libur Nataru, Citilink Kasih Diskon Harga Tiket Sampai 30 Persen

Menambah keseruan liburan di momen Nataru kali ini, Telkomsel menggelar program loyalty dengan mengajak pelanggannya untuk “Abis-Abisan di Akhir Tahun” dengan melakukan pembelian paket, melakukan penukaran POIN melalui aplikasi MyTekomsel untuk mendapatkan kesempatan memenangkan beragam hadiah seperti 4 unit Mitsubishi Xpander, 10 unit Vespa LX 125, 30 unit Samsung Galaxy S10+, 50 unit Samsung A70, ribuan voucher pulsa dan belanja yang masing-masing senilai ratusan ribu rupiah, hingga hadiah utama berupa satu unit mobil BMW 320i. Program ini dapat dinikmati pelanggan mulai dari bulan November hingga Desember 2019. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.