Dark/Light Mode

Sepanjang Nataru, Penumpang Pesawat di Bandara AP ll Tembus 5,3 Juta

Selasa, 7 Januari 2020 14:00 WIB
Penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta. (Foto: Dok. AP II)
Penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta. (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (AP II) mencatat, selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) pergerakan penumpang pesawat terbang mencapai 5,3 juta orang. Data ini terekam dari 16 bandara yang dikelola AP II.        

"Secara keseluruhan operasional dan layanan bandara selama periode Nataru berjalan lancar," kata Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dalam keterangan tertulis, Selasa (7/1).    

Baca juga : Ini Kata BKS Soal Dugaan Pilot Garuda Tahan Penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali

Masa angkutan Nataru berlangsung sejak 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Ada pun berdasarkan data yang terhimpun, puncak arus penumpang via udara terjadi pada 20 Desember 2019.        

Pada tanggal tersebut, pergerakan penumpang di 16 bandara AP ll terekam sebanyak 322.644 penumpang. Sementara, puncak arus balik terjadi pada 5 Januari 2020 dengan jumlah penumpang 318.752 orang.        

Baca juga : Penumpang Pesawat Angkutan Nataru di 16 Bandara AP II Tembus 3,2 Juta

Secara kumulatif, kata Awaluddin, laju frekuensi pesawat mencapai 40.175 pergerakan. Baik domestik maupun internasional. Rute penerbangan selama Nataru didominasi penerbangan domestik dengan kota tujuan terfavorit.        

Sejumlah rute favorit di antaranya Surabaya, Denpasar, Kualanamu, Makassar, dan Semarang. Sedangkan rute penerbangan internasional didominasi penerbangan ke Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Jeddah, dan Penang.        

Baca juga : Tembus 3,2 Juta, Libur Nataru Kerek Penumpang Pesawat

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan juga mencatat jumlah penumpang yang mudik menggunakan angkutan udara untuk rute domestik di seluruh bandara selama angkutan Nataru sejatinya melorot 6,51 persen dari tahun lalu. Tahun ini, total pemudik via pesawat hanya mencapai 5,1 juta. Sedangkan tahun lalu mencapai 5,4 juta penumpang.

Secara keseluruhan, data penumpang angkutan Nataru terekam sebanyak 17.059.943 orang untuk semua moda transportasi. Jumlah penumpang tersebut mengalami penurunan sebesar secara kumulatif sebesar 2 persen ketimbang tahun lalu. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.