Dark/Light Mode

Dalam Kondisi Darurat

Runway Tiga Bandara Soetta Akan Sangat Berguna

Minggu, 26 Januari 2020 21:16 WIB
Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin (paling kiri) bersama Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri) memberikan keterangan soal runway 3 Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Humas Kemenhub
Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin (paling kiri) bersama Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri) memberikan keterangan soal runway 3 Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Humas Kemenhub

RM.id  Rakyat Merdeka - Beroperasinya landasan pacu atau runway 3 sangat signifikan menambah manfaat bagi pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menuturkan, peningkatan terlihat saat musim Natal dan Tahun Baru yang lalu. Dari hitungannya, kata Awaluddin, selama 18 hari pelaksanaan periode Natal dan Tahun Baru, on time performance (OTP) atau performa ketepatan waktu di Bandara Soetta meningkat signifikan.

Baca juga : Menhub Puji Runway Baru Bandara Soetta

"Runway 3 sudah digunakan pada operasi Natal dan Tahun Baru, 19 Desember sampai dengan 7 Januari. Pada 18 hari itu OTP yang dulu rata-ratanya 79 persen, kali ini OTP-nya di 83 persen dengan jumlah pergerakan 23 ribu movement dalam 18 hari," ungkapnya.

Menurutnya, perbandingan peningkatan OTP peak season tersebut menunjukkan adanya efektivitas dari runway baru tersebut.

Baca juga : Sore Ini Menhub Tinjau Pengoperasian Runway 3 Bandara Soetta

Selain itu, Awaluddin mengungkapkan ketepatan waktu tersebut tanpa melalui rekonsiliasi sehingga datanya juga tersaji secara utuh.

Ia menegaskan keberadaan runway 3 juga sangat berperan ketika terjadi kondisi-kondisi luar biasa seperti adanya pengalihan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusumah ke Soetta akibat banjir yang melanda pada awal tahun.

Baca juga : Mantap, Tiga Ganda Putra Indonesia Lolos ke Perempat Final

Runway 3 juga berperan sebagai kontigensi atau cadangan ketika salah satu landasan pacu tidak beroperasi karena berbagai hal. Artinya, yang beroperasi tetap ada 2 runway.

"Ketika situasi di luar kebiasaan, seperti menutup Halim, kalau kondisi begitu sulit mengoperasikan 1.200 pergerakan sehari, ada bandara terdekat yang bisa bantu," jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.