Dark/Light Mode

Dihadiri Presiden Dan Wapres

Rakernas PDIP Bahas Semangat Berdikari

Minggu, 15 Desember 2019 06:46 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kedua kanan) (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kedua kanan) (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) akan digelar Januari 2020. Acara yang dibarengi HUT PDIP ke-47 ini akan dihadiri Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amien.

Hal ini dipastikan Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya di Jakarta, kemarin. Akan hadir pula sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju be serta para ahli di berbagai bidang.

“Semangat berdikari menjadi dasar penyusunan haluan negara. Haluan negara adalah jalan kebudayaan, jalan kemakmuran yang berdiri kokoh di atas sumber daya nasional bangsa,” kata Hasto dalam keterangannya, Sabtu (14/12).

Baca juga : Diwarnai Kericuhan, Rakernas PAN Sempat Diskors

Dia mencontohkan bahwa sumber daya Indonesia sangat melimpah. Misalnya sarang burung walet merupakan hasil produsen terbesar dengan 2.500 ton per tahun dengan nilai produksi lebih dari US$ 3 miliar.

“Ini sumber protein dan sekaligus baik untuk kesehatan. Pasar internasional khususnya Jepang dan Tiongkok,” terang Hasto.

Selain itu juga ada umbi Porang, yang menurut Hasto nilai ekspornya sudah mencapai triliunan rupiah. Umbi Porang memiliki manfaat yang luar biasa terutama dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Karena kandungannya terdapat glukomanan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Baca juga : Theo Sambuaga: Bamsoet Peduli Golkar

“Pendeknya, dengan lebih dari 300 ribu kekayaan hayati, jika kita menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kedepankan riset dan inovasi sebagai budaya bangsa, maka kita bisa membuat loncatan kemajuan. Syaratnya harus percaya diri, berdikari, dan konsisten untuk mengembangkan apa yang Indonesia miliki,” ujarnya.

Maka dari itu, Rakernas I PDIP akan jadi rakernas terbesar. Selain itu di agenda besar ini juga akan ditampilkan gelar kebudayaan untuk memperlihatkan lagi kebesaran bangsa yang telah mengakar sejak ribuan tahun yang lalu.

“Indonesia begitu berwarna, dan kaya dengan nilai spiritualitas yang hidup dalam kebudayaan bangsa. Karena itulah PDI Perjuangan juga akan menghadirkan kaum muda Indonesia dalam peringatan HUT 47 dan Rakernas I Partai dengan pesan kebudayaan yang begitu kental,” kata Eks Sekretaris TKN Jokowi-Amin tersebut.

Baca juga : Senin Pagi, Konferensi Perubahan Iklim Dunia Dibuka

“Jalan kebudayaan bertumpu pada kepribadian bangsa. Di sinilah Pancasila tidak hanya menjadi meja statis, namun juga leitstar, suatu pemandu yang dinamis agar Indonesia hadir kembali sebagai pemimpin di antara bangsa-bangsa di dunia,” sambungnya. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.