Dark/Light Mode

Agar Saling Menguntungkan

Komunitas UKM Diminta Bikin Koperasi

Senin, 28 Januari 2019 09:50 WIB
Pendirian koperasi oleh pelaku UKM dinilai lebih menguntungkan. (Foto : istimewa)
Pendirian koperasi oleh pelaku UKM dinilai lebih menguntungkan. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyaknya para pelaku usaha yang tergabung dalam suatu komunitas, diharapkan mampu bersinergi menjadi sebuah ko- perasi.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto berpendapat, membentuk koperasi lebih bermanfaat daripada hanya bersaing tak sehat antara komunitas satu sama lain. Terlebih lagi, kolaborasi sangat sejalan dengan nilai-nilai dan prinsip koperasi.

“Sebab, dalam wadah koperasi, kita bisa bekerjasama dengan saling menguntungkan dan untuk kesejahteraan bersama,” sebut Rulli.

Baca juga : Fintech Ilegal Bikin Resah

Seperti halnya Pesta Wirausaha 2019 KolaborAksi, yang diselenggarakan Komunitas Tangan Di Atas pada 25-27 Januari 2019 di Econvention Ancol Jakarta.

Ia menyebut event ini sebagai contoh sinergi komunitas wirausaha dengan kementerian, yang mengedepankan azas koperasi. Ia berharap, para peserta kegiatan Pesta Wirausaha, dapat ikut mengembangkan dan memberdayakan koperasi di antara mereka.

Ia pun mengapresiasi kegiatan tersebut, karena berupaya menumbuhkan wirausaha baru dan memberdayakan pelaku UKM.

Baca juga : Hentikan Eksploitasi Kawasan Danau Toba

Presiden Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Bimo Prasetio menambahkan, peserta pesta wirausaha kali ini adalah anggota mereka dari segala pelosok Tanah Air untuk menimba ilmu dan menambah jejaring.

“Mereka mengikuti mini workshop terkait teknik-teknik digi- tal marketing yang kekinian,” terangnya.

Kegiatan Pesta Wirausaha 2019, KolaborAksi ini sukses digelar selama tiga hari itu diisi dengan berbagai kegiatan, seperti kelas digital, panggung inspirasi, panggung expo dan kuliner. Dalam even itu menghadirkan 30 pembicara, seribu mentor, 250 booth pameran dan 3.500 orang peserta. (DWI)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :