Dark/Light Mode

Hasil Sidak Mentan Sembako Aman, Masyarakat Tak Perlu Panic Buying

Kamis, 19 Maret 2020 22:49 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pamer persediaan cabe di Toko Tani Indonesia Center, di Jakarta, Kamis (19/3). (Foto: Humas Kementan)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pamer persediaan cabe di Toko Tani Indonesia Center, di Jakarta, Kamis (19/3). (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan stok pangan bahan pokok masih dalam jumlah aman hingga menjelang Lebaran. Mentan melakukan sidak ke 10 pasar di Jakarta. Hasilnya, semua pasokan aman. Mentan juga menggelar pasar murah dalam upaya mengendalikan harga dan aksesibilitas dalam memperoleh bahan pangan sehingga masyarakat tidak perlu panic buying.

"Saya sampaikan, sesuai dengan hitungan yang sudah kami lakukan, insya Allah 11 kebutuhan bahan pangan dasar cukup tersedia. Asal masyarakat jangan panic buying," kata Syahrul saat menggelar pasar murah di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (19/3).

Baca juga : Operasi Pasar Untuk Hadapi Virus Corona

Syahrul menegaskan, Kementan bersama dengan mitra akan saling bekerja sama dalam menyediakan stok bahan pangan di pasar. Ia juga mengajak semua pengusaha untuk turut tangan dalam menjaga stabilisasi harga di pasar. "Jangan ada orang atau pengusaha yang mau untung sendiri dan kemudian memberikan kepanikan pada rakyat," tegasnya.

Mentan mengungkapkan, pasar murah ini dilakukan untuk memberikan kepastian ke masyarakat jika bahan pokok kebutuhan dasar masih aman. Pasar murah nanti akan digelar juga di berbagai daerah di luar Jakarta.

Baca juga : 360Kredi Siap Bantu Kebutuhan Dana Masyarakat

"Hari ini di DKI Jakarta kita gelar pasar murah. Namun, jangan beli berlebihan. Karena jika kita makan gula berlebihan juga akan berdampak sakit gula," tegasnya.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, mengungkapkan, di DKI Jakarta, Kementan akan beroperasi pasar di 49 pasar. "Namun, khusus hari ini kita batasi di 10 pasar terlebih dahulu," ungkap Agung.

Baca juga : Politisi PDIP Ajak Masyarakat Tanam Bahan Pangan

Dalam operasi pasar ini, 3 bahan pokok dasar dijual dengan harga murah. Yakni gula sebanyak 2 ton dengan harga Rp 12.500 per kilogram, beras sebanyak 2 ton dengan harga  Rp 8.500 per kilogram, dan telur sebanyak  2,5 ton dengan harga Rp 23.000 per kilogram.

Operasi Pasar Murah diselenggarakan di Pasar Kalideres, Pasar Baru Metro, Pasar Kalibaru, Pasar Tanah Abang, Pasar Gondangdia, Pasar Pluit, Pasar Glodok, Pasar Tebet Barat, Pasar Rawa Badak, Pasar Johar Baru dan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu. "Insya Allah dengan operasi pasar ini kita akan bisa mengendalikan harga khusunya harga gula pasir, telur dan beras. Saya berterima kasih  semua berkat kerja keras kita semua," ucap Agung. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.