Dark/Light Mode

Mitigasi Covid-19, BRI Aktifkan Protokol Business Continuity Management

Minggu, 22 Maret 2020 11:41 WIB
Mitigasi Covid-19, BRI Aktifkan Protokol Business Continuity Management

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI telah menentukan sejumlah langkah terukur dalam menanggulangi dampak pandemi virus Corona atau Covid-19.

Apalagi, pemerintah telah memperpanjang masa tanggap darurat Covid-19, hingga 29 Mei mendatang.

Baca juga : Positif Covid-19, Kevin Durant Yakin Sembuh

Salah satu langkah terukur yang dilakukan BRI di tengah kondisi ini adalah mengaktifkan protokol Business Continuity Management (BCM).

Melalui siaran pers bertanggal 21 Maret 2020, Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto mengatakan, salah satu bentuk implementasi BCM ini adalah pengaktifan pusat komando atau Banking Command Center BRI, yang mulai dioperasikan sejak awal Maret 2020.

Baca juga : Imbas Covid-19 : Piala Eropa, Copa America dan Piala Dunia Antarklub Mundur

Pusat komando ini rencananya akan beroperasi selama 24 jam, mengikuti perkembangan isu terkait Covid-19.

"Pekan ini, kami masih mencoba dengan jam operasional perbankan mulai pukul 07.30 hingga 19.00 WIB. Selama masa darurat Covid-19, semua koordinasi prosedur operasional bisnis dilakukan terpusat oleh Banking Command Center ini. Sampai masa yang akan ditentukan kemudian," jelas Amam.

Baca juga : Antisipasi Corona, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG di Banten, DKI dan Jabar Aman

Dalam pusat komando ini, BRI memonitor berbagai indikator kinerja, baik operasional maupun keuangan. Termasuk, beberapa indikator risiko pasar seperti nilai tukar, suku bunga, pasar uang, komoditas, saham, dan obligasi. Sehingga, penentuan langkah mitigasi risiko bisa dilakukan dengan lebih terukur, terorganisir dan komprehensif.

"Kami akan terus mengkordinasikan berbagai dampak yang mungkin timbul, meliputi pertimbangan kebijakan-kebijakan (policy) terkait hubungan dengan nasabah, operasional bisnis, serta pengelolaan human capital. Kami ingin, semua aspek dapat diamankan. Kami yakin, kita semua mampu melewati semua ini, " pungkas Amam. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.