Dark/Light Mode

Bantu Pekerja Informal & Ojol, 50 Warteg Di Jadetabek Gratiskan Makanan

Rabu, 1 April 2020 12:37 WIB
Bantu Pekerja Informal & Ojol, 50 Warteg Di Jadetabek Gratiskan Makanan

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyebaran virus corona (Covid-19) yang makin masif di Tanah Air menggerus semua lini kehidupan dan sektor ekonomi masyarakat. Yang paling terasa adalah para pekerja informal seperti buruh, pekerja bangunan, pedagang asongan hingga para driver ojek online (ojol).

Kalau sudah begini, butuh kerja sama semua pihak untuk bisa saling bantu dan menjaga di tengah masyarakat, agar kehidupan bisa terus berjalan.

Salah satu langkah inisiasi yang patut diapresiasi yaitu, upaya Komunitas Warteg Nusantara yang memberikan layanan makan gratis kepada para pekerja informal dan para ojol.

Dikutip dari akun instagram Kementerian Koperasi dan UKM (@kemenkopukm) tertulis, setidaknya ada 50 Warteg yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang yang siap memberikan layanan makan gratis berlaku mulai pukul 10.00 WIB.

Berita Terkait : Baznas Gelar Cash For Work

“Di saat pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat tergerak untuk saling bantu. Inisiasi bersama Komunitas Warteg Nusantara pun memberikan layanan warteg gratis untuk para pekerja informal dan ojek online," tulis akun instagram Kemenkop dan UKM, Rabu (1/4).

Upaya ini disambut baik oleh para netizen di akun sosial media. Diharapkan upaya saling bantu dari seluruh lapisan masyarakat akan terus ada di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu driver ojol, Priya Handoko (35) mengaku senang ada bantuan semacam ini dari pihak warteg. Karena diakuinya, hasil ngojek saat ini sangat turun drastis sebelum pandemi. Dalam sehari, dia hanya mendapat Rp 20 ribu dari tarif ngojek

“Masih ada yang kirim GoFood, tapi memang nggak banyak. Dan nggak setiap hari juga. Kadang pusing mau gimana lagi. Kemarin cicilan motor katanya mau dilonggarin aja belum terealisasi, mudah-mudahan yang warteg ini bener, bisa irit pengeluaran yang minim," ucapnya kepada Rakyat Merdeka. 

Berita Terkait : Pantau Perkembangan Kasus Novel, Tiap Hari Kabareskrim Kumpulkan Tim Teknis

Berikut ini beberapa daftar warteg yang bisa dikunjungi:

-Di Jakarta Pusat (6 warteg) antar lain Warteg Nurul CV, Warteg Pesona Bahari, Warteg Barokah dan lainnya.

-Di Jakarta Selatan tersebar di 3 warteg, antara lain Warteg Putra Bahari dan Warteg Liyah Jaya. 

-Di Jakarta Timur (13 warteg) di antaranya Warteg Bu Ali, Warteg Ridho Ibu, Warteg Gaul, Warteg Kharisma Bahari.

Berita Terkait : Catat, Ini 25 Kota di Indonesia Yang Dilintasi Gerhana Matahari Cincin

-Di Jakarta Barat (14 warteg) antara lain di Warteg Putra Bahari, Warteg AW, Warteg Shifa Bahari, Warteg Mas'e dan lainnya. 

-Di Depok hanya ada Warteg Amanah.

-Di Tangerang terdapat 11 warteg di antaranya Warteg Ibu Sri Bahari, Warteg Permata Baharin Warteg Cemara 05 dan lainnya. 

-Di Bekasi hanya ada dua warteg yaitu Warteg Kowantara dan Warteg Nasi Lengko. [DWI]