Dark/Light Mode

Gandeng Swasta, Pelindo lll Sumbang 90 Ribu APD

Rabu, 8 April 2020 19:26 WIB
Pelindo III menyerahkan bantuan APD. (Foto: ist)
Pelindo III menyerahkan bantuan APD. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gabungan perusahaan BUMN bersama swasta menggalang bantuan berupa alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis. Penggalang dikomandoi PT Pelindo III yang ditunjuk sebagai koordinator oleh Kementerian BUMN. 

Sebanyak 90 ribu APD akan didistribusikan dalam waktu dekat. Penggalangan ini melibatkan setidaknya 22 perusahaan BUMN yang bekerja sama dengan sejumlah perusahaan swasta.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengaku, bangga dipercaya sebagai koordinator pengadaan bantuan APD untuk para petugas medis dalam rangka memerangi penyebaran corona di Indonesia. 

Baca juga : Perangi Corona Di Bali, Pelindo lll Bangun Posko Dan Sanitasi

"Kami mengakui, petugas medis memiliki potensi tertular sangat tinggi ketika bertugas," katanya dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (8/4).

Menurutnya, sinergi antar BUMN dan swasta dalam kondisi seperti ini sangat penting agar segala macam permasalahan terkait penyebaran corona bisa cepat tertangani. Bantuan tersebut juga merupakan bagian dari aksi nyata kepedulian Pelindo III kepada para petugas medis sebagai garda terdepan penanganan pandemi corona di Indonesia. APD menjadi kebutuhan utama yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas petugas medis dalam melayani korban corona.

Doso menjelaskan, bantuan 90 ribu APD akan diberikan secara bertahap oleh Pelindo III dan diserahkan kepada kementerian BUMN melalui Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri. 

Baca juga : PGN Alirkan Gas ke Kawasan Industri Pelindo I di Wilayah Dumai

Sementara itu, distribusinya akan dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kementerian BUMN kepada para petugas medis di sejumlah rumah sakit rujukan corona yang tersebar di Indonesia. Selain itu, kata Doso, dalam rangka penekanan penyebaran corona, Pelindo III juga tidak berhenti pada pemberian bantuan APD kepada petugas medis saja.

Pelindo III sebelumnya sudah melakukan berbagai pencegahan baik di internal maupun eksternal perusahaan. Di antaranya adalah penerapan physical distancing di area pelabuhan dan perkantoran, menyediakan bilik steril dan hand sanitizer di lingkungan kerja dan terminal penumpang, pengecekan suhu tubuh hingga pemberian vaksin influenza dan minuman herbal gratis untuk meningkatkan daya tahan tubuh para pegawai.

Sementara di lingkungan eksternal, Pelindo III juga turut aktif melakukan upaya pencegahan penyebaran corona dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan memberikan bantuan alat cuci tangan gratis yang dipasang di sejumlah sekolah dan kantor pemerintahan di sekitar wilayah kerjanya.

Baca juga : Panen Melimpah, Petani Sumenep Riang Gembira

“Kami berupaya terus untuk berkontribusi melakukan pencegahan penyebaran corona di Indonesia, terlebih di lingkungan kerja kami. Selain itu, di tengah pandemi corona ini kami juga tetap berkomitmen menjaga kelancaran logistik selama 24 jam 7 hari penuh sesuai tugas kami,” ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.