Dark/Light Mode

Kabar Gembira di Tengah Wabah Covid-19, Ekspor Pertanian Naik Jadi 320 Juta Dolar AS

Kamis, 16 April 2020 12:43 WIB
Menteri Pertanian Syarul Yasin Limpo saat melepas ekspor produk pertanian beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Kementan)
Menteri Pertanian Syarul Yasin Limpo saat melepas ekspor produk pertanian beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah pandemi Covid-19, neraca perdagangan Indonesia justru mengalami surplus sebesar 743 juta dolar AS. Surplus tersebut salah satunya ditopang oleh ekspor sektor pertanian yang mengalami kenaikan.

Baca juga : Bangun 2 Rumah Sakit Darurat Covid-19, Lippo Datangkan 100 Ventilator

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, ekspor pertanian mengalami kenaikan signifikan, baik secara bulan maupun tahunan. Sepanjang Maret 2020, ekspor pertanian mencapai 320 juta dolar AS, atau naik 6,10 persen (mtm) dan naik 17,82 persen (yoy).

Baca juga : Pantau Kondisi WNI di Tengah Pandemi Covid-19, KBRI Den Haag Gelar Silaturahmi Online

"Komoditas yang mengalami kenaikan itu di antaranya tanaman obat dan aromatik. Kemudian ada juga rempah, buah-buahan, hasil hutan bukan kayu, serta sarang burung walet," ujar Suhariyanto, Rabu (15/4).

Baca juga : Perangi Covid-19, Kevin Lelang Raket Yang Dipakai Saat Juara All England

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri, mengatakan, naiknya ekspor komoditas pertanian menjadi bukti pertanian dapat menjadi penopang ekonomi nasional. “Bila petugas kesehatan adalah front liner, maka petani adalah back liner di masa pandemi ini. Kita berterima kasih mereka terus menjaga makanan dan ekonomi nasional," jelas Kuntoro. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.