Dark/Light Mode

Kadin Luncurkan Program Ayo Saling Peduli

Jumat, 17 April 2020 16:46 WIB
Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani. (Foto: ist)
Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia meluncurkan program Ayo Saling Peduli untuk meringankan beban masyarakat dan menghidupkan kegiatan ekonomi para UMKM di tengah wabah corona.

“Persebaran Covid-19 di Indonesia kian meluas, sementara dampak virus ini sangat besar, bukan hanya aspek kesehatan tetapi juga sosial dan ekonomi,” ungkap Ketua Umum Kadin Indonesia yang juga merupakan Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani (17/4).

Seperti diketahui, saat ini Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang disetujui berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/Menkes/239/2020 tertanggal 7 April 2020 berlaku hingga masa inkubasi terpanjang sehingga mengharuskan adanya pembatasan aktivitas sosial ekonomi.

Baca juga : Penurunan Harga Gas Kerek Daya Saing Industri

Dampak terbesar dari PSBB ini sangat dirasakan oleh para pekerja informal yang jumlahnya sebanyak 70,49 Juta Orang atau sebesar 55,72 persen dari total angkatan kerja di Indonesia (Data BPS Agustus 2019). Kondisi ini tentu juga berdampak terhadap 3,79 juta UMKM yang sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Jumlah ini berkisar 8 persen dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yakni 59,2 juta (Data Kominfo November 2019).

Menghadapi kondisi itu, kata Rosan, Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia terpanggil untuk meringankan beban saudara-saudara yang membutuhkan. “Kami akan melibatkan partisipasi teman-teman UMKM Kadin dan seluruh masyarakat untuk menyalurkan donasi,” ujarnya.

Dia mengatakan, seluruh masyarakat dapat membantu orang-orang di sekitarnya dengan cara membeli 1 paket sembako yang terdiri dari beras, ayam, minyak goreng dan sarden senilai Rp 130 ribu dan Kadin akan menambahkan 1 paket yang sama kepada orang yang menerima donasi. “Setiap 1 paket yang dipesan, 2 paket akan kami kirimkan. Kami akan menambahkan 1 paket yang sama untuk setiap pembelian yang akan diberikan ke orang yang akan masyarakat sumbang,” kata Rosan.

Baca juga : Samsung Luncurkan 3 Produk Pendingin Ruangan Digital

Menurutnya, program “Ayo Saling Peduli” juga dibuat dalam rangka menyambut Ramadhan. Dan dengan partisipasi seluruh masyarakat diharapkan program ini bisa berbagi kebahagiaan ke saudara-saudara kita yang menjalankan ibadah puasa dan menjadi momentum untuk menabur kebaikan dan menebar semangat kebersamaan.

Dia mengatakan, pengadaan dan pengiriman paket sembako program “Ayo Saling Peduli” juga melibatkan ratusan UMKM dari seluruh Indonesia yang berasal dari Bukalapak. Pihaknya berharap, program ini akan mendorong roda perekonomian para pelaku usaha kecil.

Syarat dan ketentuan Program “Ayo Saling Peduli” antara lain, ditujukan untuk semua masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan, pemberi donasi berupa pembelian paket hanya dapat melakukan 1 kali pembelian paket sembako, penerima donasi atau penerima bantuan hanya dapat 1 kali direkomendasikan atau menerima paket sembako, pengiriman paket sembako mulai dilakukan pada 20 April 2020. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.