Dark/Light Mode

Tingkatkan Pencegahan Covid-19

Penerbangan Domestik T2 Bandara Juanda Pindah Ke T1 Bandara

Senin, 20 April 2020 14:52 WIB
Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya. (Ist)
Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) meningkatkan upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Berbagai langkah terus dilakukan.

Mulai Rabu 22 April 2020 operasional penerbangan domestik dari Terminal 2 (T2) Bandara Juanda akan dipindahkan ke Terminal 1 (T1).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menjelaskan, pemindahan ini merupakan upaya lanjutan dalam mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) sekaligus langkah pengoptimalan penggunaan T1.

"Tujuannya bisa mengefisiensi kegiatan operasional T2 di tengah menurunnya trafik penumpang akibat pandemi Covid-19. Kami lakukan dengan tetap memperhatikan prinsip keselamatan, keamanan, pelayanan, dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku," jelas Faik dalam keterangan persnya, Minggu (19/4).

Baca juga : Pilkada Idealnya Digelar 2021

Adapun penerbangan domestik yang akan dipindahkan sementara dari T2 ke T1 Bandara Juanda Surabaya yaitu penerbangan domestik yang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dan AirAsia.

Dengan kepindahan ini maka seluruh penerbangan domestik dari dan ke Bandara Juanda akan dilayani di Terminal 1.

Sementara untuk penerbangan internasional, walaupun mayoritas maskapai telah menghentikan penerbangan internasional, tetap dilayani di T2.

Terutama bagi penerbangan yang melayani kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) akibat berhenti beroperasinya perusahaan tempat mereka bekerja di negara tersebut.

Baca juga : Imbas Wabah Covid-19, Pemerimaan Devisa Pariwisata Bisa Anjlok 50 Persen

Pemindahan sementara ini merupakan upaya lanjutan untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus efisiensi di tengah menurunnya trafik penumpang akibat pandemi.

"Kami tetap memperhatikan prinsip keselamatan, keamanan, pelayanan, dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku," imbuhnya.

Adapun penerbangan domestik Garuda Indonesia yang dipindahkan dari T2 ke T1 yaitu penerbangan dengan rute dari dan menuju Jakarta, Semarang, Lombok, Denpasar, Kupang, Makassar, dan Bandung.

Semua itu dengan jumlah penerbangan harian sekitar 9-20 penerbangan (keberangkatan dan kedatangan) per hari bergantung pada tingkat keterisian pesawat.

Baca juga : Cegah Penyebaran Covid-19, Pertamina Serahkan Sarana Cuci Tangan Ke Pemkot Makassar

Sedangkan AirAsia Indonesia sejak 1 April 2020 telah menghentikan sementara layanan penerbangan yang akan dilakukan hingga Mei.

Perpindahan sementara ini rencananya akan dilakukan hingga September. Jika kondisi penerbangan sudah kembali bergeliat, maka penerbangan domestik maskapai Garuda Indonesia dan AirAsia akan kembali ke T2. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.