Dark/Light Mode

Hasil Uji Jaringan

Sinyal Telkomsel Kenceng Di Tol Trans Jawa dan Sumatera

Selasa, 21 April 2020 15:49 WIB
Direktur Network Telkomsel, Venusiana Papasi. (Foto: ist)
Direktur Network Telkomsel, Venusiana Papasi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memastikan kesiapan Ramadan dan Idul Fitri (RAFI), Telkomsel melakukan uji jaringan secara langsung. Total jarak yang ditempuh mencapai 16 ribu km.

“Uji jaringan tersebut dilakukan Tekomsel untuk selalu menjaga kualitas jaringan yang merupakan prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan layanan bagi pelanggan,” ujar Direktur Network Telkomsel, Venusiana Papasi saat paparan kesiapan RAFI 2020, Selasa (21/4).

Menurut dia, Telkomsel memastikan, seluruh layanan dan kualitas jaringan berfungsi secara optimal dan prima terutama di seluruh point of interest (POI). Termasuk jalur transportasi utama seperti jalan tol yang di antaranya adalah 23 ruas tol utama (termasuk 5 ruas tol baru) di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. 

Baca juga : PLN Hemat 163 M Per Bulan Dari Tol Listrik Sumatera

Saat ini, kata dia, coverage sinyal Telkomsel sudah mencapai 100 persen secara kontinu pada jalur tol Trans Sumatera, jalur tol Trans Jawa, jalur Kereta Api Trans Jawa, serta jalan utama dan jalan tol Balikpapan-Samarinda dengan parameter pengukuran di masing-masing lokasi. 

Antara lain kekuatan sinyal 4G yang mencapai 90,94 persen dengan success call rate sebesar 98,74 persen sepanjang jalan tol Trans Sumatera, kekuatan sinyal 4G yang mencapai 99 persen dengan success call rate sebesar 99,00 persen sepanjang jalan tol Trans Jawa, dan kekuatan sinyal 4G yang mencapai 100 persen dengan success call rate sebesar 97,22 perssn sepanjang jalur kereta api Trans Jawa. 

“Untuk di jalan utama dan jalan tol Balikpapan-Samarinda parameter success call rate sudah mencapai 97,92 persen, dengan cakupan sinyal 4G mencapai sekitar 90 persen mengikuti proses pengembangan infrastuktur di sepanjang jalur tersebut yang masih berjalan,” katanya. 

Baca juga : Harga Minyak Turun, Ini Yang Dilakukan SKK Migas

Ada pun parameter pengukuran yang digunakan adalah kekuatan daya pancar dan daya terima perangkat (Coverage), tingkat kesuksesan panggilan (Call Setup Success Rate/CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (Call Completion Success Rate/CCSR), lama durasi dalam melakukan panggilan (Call Setup Time/CST), kualitas suara (Mean Opinion Score/MOS), dan kecepatan akses data (Data Throughput). Secara umum, drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik, dengan perolehan Coverage 91.48 persen, CSSR 99.68 persen, CCSR 98.70 persen, CST 5.87 detik, MOS≥3: 96.15 persen , dan rata-rata Data Throughput mencapai 8.97 Mbps (average).

Di samping itu, kata dia, sebagai bagian dari dukungan terhadap imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing dalam proses bekerja, sebagian besar proses operasionalisasi monitoring dan penanganan aktivitas pengamanan jaringan selama masa RAFI 2020 ini dilakukam secara virtual monitoring. Implementasi virtual monitoring diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan jaringan sekaligus menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan Telkomsel selama pemberlakuan situasi darurat nasional corona.

Karyawan atau teknisi Telkomsel yang karena jenis pekerjaannya harus bertugas di lapangan dalam menjaga kualitas jaringan juga telah dibekali perlengkapan keamanan yang sesuai dengan standar protokol kesehatan yang berlaku. Seluruh upaya ini dilakukan Telkomsel juga untuk mendukung upaya penyesuaian proses kerja dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah ditetapkan Pemerintah RI dan sudah dijalankan di berbagai daerah. [DIT]

Baca juga : Di Bandara Soetta, Prosedur Pencegahan Penyebaran Virus Corona Sangat Ketat

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.