Dark/Light Mode

Pemudik Catat Nih

Sabtu, Tol Trans Jawa Terapkan Sistem Satu Arah

Jumat, 20 Desember 2019 23:17 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono. Foto: Istimewa
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Info penting bagi pemudik yang akan melewati Tol Trans Jawa. Sabtu (21/12) ini polisi akan memberlakukan sistem satu arah alias one way.

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono, sistem satu arah diterapkan mulai dari kilometer 70 Cikampek Utama, Jawa Barat hingga kilometer 414 Kalikangkung, Jawa Tengah sejak pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WIB.

"Hanya besok pagi jam 7 hingga jam 18. Itu (one way) pasti kami berlakukan (selama) 11 jam," kata Istiono di Gedung NTMC, Jakarta, Jumat.

Baca juga : Diresmikan Jokowi, Tol Layang Japek Gratis Sampai Tahun Baru

Sistem satu arah digelar untuk mengantisipasi membludaknya kendaraan pemudik yang bergerak dari arah Jakarta menuju kampung halamannya.

Yang jelas, Istiono mengimbau pemudik tidak grasa-grusu untuk segera mudik. Menurutnyà jika berangkat Sabtu pagi, masih banyak waktu untuk sampai kampung halaman.

"Santai saja. Tidak usah buru-buru. (Hari) minggu masih bisa melaksanakan ibadah," jelasnya.

Baca juga : Telkomsel Hadirkan Jaringan 4G di Tol Trans Sumatera

Pihaknya juga mewaspadai adanya titik kepadatan pada kilometer 48 Tol Japek yang merupakan pertemuan arus antara jalan Tol Jakarta Cikampek jalur bawah dan elevated. "Itu kilometer 48 ada bottleneck jalur bawah," katanya.

Sebanyak 191 ribu personel gabungan TNI-Polri serta satuan lainnya akan dikerahkan dalam Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi operasi "LILIN-2019" di seluruh wilayah Indonesia.

Operasi ini akan dilaksanakan selama 10 hari sejak 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Ada 61.308 obyek keamanan yang akan dijaga diantaranya gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, lokasi perayaan tahun baru, terminal, stasiun kereta, bandar udara dan lainnya. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.