Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penyerapan Ayam Ras Peternak Mandiri Mulai Berjalan

Jumat, 24 April 2020 11:01 WIB
Perusahaan mitra kerja peternakan melakukan pembelian ayam hidup milik peternak rakyat (Foto: Dok. Kementan)
Perusahaan mitra kerja peternakan melakukan pembelian ayam hidup milik peternak rakyat (Foto: Dok. Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Implemantasi kerja sama antara Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) dengan perusahaan besar (integrator) untuk menampung/membeli ayam broiler dari peternak mandiri mulai dijalankan. Dengan penyerapan ini, diharapkan harga ayam broiler akan pulih kembali. 

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kementerian Pertanian (Kementan), I Ketut Diarmita, menerangkan, Rabu kemarin (22/4), PT Japfa Comfeed sudah melakukan pembelian livebird di farm broiler peternak mandiri milik Sugeng Wahyudi, anggota Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN), di Dramaga Tanjakan Bogor. Japfa Comfeed membeli sebanyak 1.920 ekor, dengan harga Rp 15.000 per kilogram dan akan didistribusikan ke RPH-U Parung-Ciomas, Bogor. "Ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan tersebut untuk membeli livebird sebanyak 700.000 ekor," jelasnya, Kamis (23/4).

Baca juga : Kementerian ESDM Permak Tata Kelola Niaga Nikel

Selain itu, berdasarkan informasi dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah, PT CPI, salah satu integrator, juga telah membeli ayam broiler dari kandang Eri, seorang peternak mandiri yang berdomisili di Desa Ngabean Boja, Kendal, Rabu (22/4). Jumlah yang dibeli sebanyak 4.000 ekor dengan harga 15.000 per kilogram. "Ayam yang dibeli di Kendal ini merupakan bagian dari komitmen 1 juta ekor ayam yang akan dibeli oleh PT CPI di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur," ujar tambah Ketut.

Pembelian oleh PT CPI ditargetkan sebanyak 20.000 ekor per hari yang selanjutnya akan dipotong di RPH-U yang berada di Salatiga. Karkas yang dihasilkan akan diolah menjadi produk olahan ayam seperti nugget, sosis, dan dan produk lainnya. 

Baca juga : Mentan Luncurkan Inovasi ATM Pertanian Sikomandan

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ditjen PKH, Sugiono, menjelaskan, tujuan kerja sama untuk menyerap ayam broiler dari peternak mandiri tersebut antara lain adalah untuk membantu mengurangi supply ayam ke pasar sehingga dapat menyeimbangkan supply-demand. "Kita harapkan nantinya harga akan meningkat, dan para peternak bisa menikmati hasil usahanya," tuturnya. 

Sugiono meminta agar semua pemangku kepentingan dapat saling membantu dan berbagi dalam situasi sulit saat ini, khususnya membantu peternak mandiri melalui fasilitasi pemasaran.  Sebelumnya, pada Senin (20/4), di Kantor Pusat Kementan telah diselenggarakan Penandatanganan Kerja Sama dengan PT Universal Agri Bisnisindo, Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN) dan Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (PINSAR) dalam pembelian ayam ras siap potong. "Saat ini sudah 22 perusahaan besar yang akan membantu penyerapan livebird sebanyak 4.119.000 ekor di Pulau Jawa," pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.