Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Petamburan Jadi Klaster Baru Covid-19, Netizen Malah Berantem

Jumat, 17 April 2020 20:34 WIB
Terbuka data corona/Ilustrasi (Grafis: Mice)
Terbuka data corona/Ilustrasi (Grafis: Mice)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat, kini menjadi kelurahan dengan jumlah kasus positif Covid-19 terbanyak di Ibu Kota Jakarta. Selama dua hari terakhir, kasus positif Covid-19 melonjak drastis di kelurahan ini. Pasien positif Covid-19 di kelurahan Petamburan tercatat sebanyak 36 orang. Angka ini meningkat 25 orang dari sehari sebelumnya yang hanya berjumlah sembilan orang.

Kepala Suku Dinas Kesehatan DKI Jakarta Pusat Erizon Safari membenarkan terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19 di Petamburan. Angka melonjak setelah hasil pemeriksaan swab penghuni Asrama Seminari Bethel, Sekolah Tinggi Teologi (STT) Bethel Indonesia, keluar.

Temuan lonjakan kasus ini berawal dari laporan pasien yang dirawat di rumah sakit yang berada di wilayah domisili Asrama Bethel Petamburan. Hasil tracking pasien positif tersebut pun mengarah ke asrama Seminari Bethel dan langsung dilakukan pengecekan di lokasi. "Ternyata ditemukan di asrama. Kami langsung kunjungan dan memang ada beberapa yang waktu itu ada gejala Covid-19. Langsung diperiksa oleh Puskesmas," ungkap Erizon.

Baca juga : Jurus India Hadapi Covid-19, Lockdown Sambil Bantu Negara Lain

Dengan temuan kasus positif dalam satu lokasi tersebut, Sudinkes Jakarta Pusat mengategorikannya sebagai satu klaster baru yang disebut sebagai Klaster Bethel. Kepala Asrama Seminari Bethel Tony Wattimena menjelaskan, temuan kasus positif di asrama merupakan hasil test swab yang dilakukan terhadap sejumlah penghuni. Sebelumnya, pihak STT Bethel sudah melakukan rapid test kepada semua penghuni asrama setelah mendapat kabar adanya mahasiswa di luar asrama yang dinyatakan positif Covid-19.

"Akhirnya kita ambil kebijakan untuk periksa semua," kata Tony. Alhasil, ditemukan 36 orang penghuni Asrama positif Covid-19 yang kini sudah dirujuk ke rumah sakit darurat penangan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Lurah Petamburan Setyanto menjelaskan, sebagian besar yang positif adalah para mahasiswa, sementara sisanya adalah para karyawan yang bekerja di asrama Seminari Bethel. Mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini masih menjalani isolasi mandiri di asrama tersebut dan sebagian dirawat ke Wisma Atlet. 

Baca juga : Kabar Gembira di Tengah Wabah Covid-19, Ekspor Pertanian Naik Jadi 320 Juta Dolar AS

Puskesmas Kecamatan Tanah Abang menyebut, setidaknya ada 180 orang menjalani rapid test untuk memastikan ada tidaknya indikasi tertular Covid-19. Kemungkinan, angka yang positif masih bisa bertambah. Selama menunggu hasil tes tersebut para penghuni asrama tidak diizinkan beraktivitas keluar asrama dan diharuskan melakukan isolasi mandiri.

Pihak kelurahan bersama kepolisian dan TNI juga akan menutup sementara akses keluar-masuk ke wilayah Asrama Bethel untuk menghindari kontak fisik masyarakat luar dengan para penghuni. Setyanto mengakui, sedang berkoordinasi dengan pihak penanggung jawab asrama Seminari Bethel terkait pemenuhan kebutuhan sehari-hari, termasuk makanan untuk para penghuni selama masa isolasi mandiri.

Menganai klaster baru di Petamburan, netizen heboh. Banyak yang sudah terlanjur menyudutkan FPI, yang markasnya berada di wilayah ini. "Covid-19 nggak tahu diri, apa nggak takut kena demo bersilit-silit, berani beraninya, lihat saja nanti komentar para kadrun," cuit @Pontas_silaen nyinyir serupa dengan @SaatTobat. "Tentara Allah" nyasar ke markas orang-orang suci?" kicuanya senada dengan ratusan netizen yang tak membaca secara utuh.

Baca juga : Selama Pandemi Covid-19, PSSI Kirim Laporan Kegiatan ke AFC

Melihat ini, warganet ramai-ramai meluruskan. "Dikiranya petamburan cuma tanah sepetak. Makanya bong, kalo baca berita jangan cuma judulnya doang. Minta kuota sama kaka pembina gih," sindir akun @KepakElang pedas disamber netizen pemilik akun @basoe_mercon. "Tolong jangan unjukin ketololan kalian sebelum membaca isi berita." Akun @Ai_Alwii_ mengunggaj proses evakuasi penghuni asrama menuju Wisma Atlet. "Video viral, suasana Asrama Gereja Bethel Petamburan Jakarta," sebutnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.