Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hore, Pegadaian Bebaskan Bunga Gadai Selama 3 Bulan

Jumat, 1 Mei 2020 06:44 WIB
Foto: Pegadaian
Foto: Pegadaian

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pegadaian (Persero) bakal membebaskan bunga gadai hingga nol persen mulai hari ini, Jumat (1/5). Program ini akan berakhir hingga 31 Juli 2020 mendatang.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, bebas bunga gadai merupakan program Gadai Peduli, sebagai satu upaya membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Bunga nol persen bakal diberikan kepada nasabah yang memiliki pinjaman hingga Rp 1 juta, selama 3 bulan. Sebab, nasabah tersebut kebanyakan berasal dari sektor informal yang terdampak Covid-19.

Berita Terkait : MRT Jakarta Gratiskan Sewa Gerai Untuk UMKM Selama 3 Bulan

"Kami lihat, pegadai di bawah Rp 1 juta adalah mereka yang bekerja di sektor informal. Mereka sangat terdampak Covid-19. Itulah alasan kami memberikan relaksasi bunga selama 3 bulan, mulai bulan Mei," ungkap Kuswiyoto, Kamis (30/4).

Kuswiyoto mengatakan, nasabah Pegadaian dengan pinjaman Rp 1 juta mencapai 3,5 juta nasabah. Dengan program bebas bunga gadai, kemungkinan akan terjadi peningkatan nasabah hingga 1,5 juta. Artinya, program ini menyasar 5 juta nasabah.

"Program pertama Gadai Peduli diharapkan bisa membantu meringankan beban 5 juta nasabah gadai," ujar Kuswiyoto.

Berita Terkait : Ringankan Nasabah, PegadaianTetapkan Bunga 0 Persen Selama 3 Bulan

Program bunga nol persen ini menerapkan syarat Kartu Keluarga (KK). Dalam satu KK (Kartu Keluarga), yang diperkenankan menerima benefit ini hanya satu nasabah penerima saja.

Program Gadai Peduli lainnya adalah penundaan jatuh tempo lelang, dari semula 15 hari, menjadi 30 hari. Ini berarti, ada tambahan 15 hari relaksasi.

"Program ini diterapkan kepada semua nasabah tanpa kecuali. Tujuannya, memberikan kesempatan mengumpulkan dana kepada nasabah agar bisa melunasi, hingga batas akhir waktu program akan ditetapkan kemudian," pungkas Kuswiyoto. [SRI]