Dark/Light Mode

Pagi Ini Menguat, Stay Strong Ya Rupiah..

Selasa, 5 Mei 2020 09:46 WIB
Pagi Ini Menguat, Stay Strong Ya Rupiah..

RM.id  Rakyat Merdeka - Rupiah terpantau sedikit menguat dalam sesi pembukaan Selasa (5/2) pagi ini. Nilai tukar rupiah menguat tipis sebesar 0,08 persen ke level Rp 15.088 per dolar AS, dibanding sesi penutupan pada Senin (4/5) di level Rp 15.100 per dolar AS. 

Pergerakan naik turunnya rupiah kemarin pun dinilai masih sangat wajar, mengingat segala kemungkinan sentimen yang terjadi, Baik dari dalam maupun luar negeri. Begitupun hari ini, rupiah dinilai masih punya kans untuk bisa menguat.

Baca juga : DPR Dorong Penguatan Stabilitas Nilai Tukar Rupiah

Kemarin sore, rupiah ditutup melemah 1,47 persen atau sekitar 218 poin ke level Rp 15.100 per dolar AS di pasar spot. Dalam kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok Rp 15.073 per dolar AS atau menguat 0,55 persen. Sementara indeks dolar AS justru mengalami penguatan 0,346 poin atau 0,35 persen ke level 99,425.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim melihat, pelemahan rupiah kemarin merupakan imbas dari laporan terkait Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia, yang berada di level 27,5. Hal itu menjadi capaian terendah PMI sejak April 2011. Di bulan sebelumnya PMI masih berada di level 43,5.

Baca juga : Cetak Uang di Tengah Corona, Berkah Apa Musibah

"Malah, data terbaru menunjukkan kontraksi sektor manufaktur Indonesia yang semakin dalam. Ini bisa mempengaruhi rupiah. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga menjadi penyebab kontraksinya rupiah," ujarnya.

Penyebab lain kata Ibrahim, juga lantaran Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat inflasi April 2020 rendah sebesar 0,08 persen. Rendahnya inflasi menjadi salah satu indikasi penurunan daya beli masyaralat akibat pemutusan hubungan kerja (PHK).

Baca juga : Jangan Menganggap Enteng Sanksi Spiritual (2

"Hari ini, kami memperkirakan nilai tukar rupiah bergerak di kisaran Rp 14.930-15.220 per dolar AS," katanya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.