Dark/Light Mode

Kartu Uang Elektronik LRT Sumsel Dukung Program Cashless Society

Rabu, 13 Februari 2019 05:09 WIB
Penumpang LRT Sumsel di Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang. (Foto: Humas KAI)
Penumpang LRT Sumsel di Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang. (Foto: Humas KAI)

 Sebelumnya 
Tarif yang dikenakan untuk perjalanan LRT Sumsel cukup terjangkau. Hanya Rp 5.000 untuk rute non Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, dan Rp 10.000 untuk rute dari dan menuju bandara.

Sejak 1 Desember 2018, KAI menetapkan penumpang yang akan menggunakan LRT Sumsel dengan rute dari dan menuju Bandara, harus menggunakan KUE. Sedangkan untuk rute non Bandara, penumpang dapat menggunakan Tiket Thermal atau KUE. 

Baca juga : Nurbaya Fokus Tingkatkan Program Perhutanan Sosial

Volume penumpang LRT Sumsel di Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II adalah yang tertinggi dibanding dengan stasiun LRT Sumsel yang lain. KAI mendata, dari total 1.088.558 penumpang LRT Sumsel yang tercatat sejak 23 Juli 2018 sampai 3 Februari 2019, sebanyak 264.967 adalah penumpang LRT Sumsel Stasiun Bandara. 

“Penggunaan KUE khusus untuk rute dari dan menuju bandara, merupakan bentuk sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai yang digalakkan pemerintah,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro. 

Baca juga : Aturan Dipermudah, Kemenperin Genjot Ekspor Mobil

Menurutnya, dengan menggunakan KUE, masyarakat akan mendapatkan berbagai kemudahan. Semisal tidak perlu antre di loket, lebih aman, dan lebih praktis karena tidak perlu menyiapkan uang tunai. “Sebagai moda transportasi baru di Indonesia, khususnya di Sumatera Selatan, tentu butuh waktu untuk membiasakan masyarakat menggunakan KUE dalam kesehariannya,” tutur Edi.

Ia menambahkan, saat ini masyarakat sudah semakin mencintai LRT Sumsel. Hal ini terlihat dengan terus tumbuhnya pengguna harian LRT Sumsel, yang kini sudah mencapai 3.000-5.000 penumpang per hari dan 6.000-10.000 penumpang saat weekend. KAI memprediksi jumlah penumpang akan terus bertambah, mengingat kondisi lalu lintas kota yang semakin padat. “KAI berharap, masyarakat dapat menggunakan LRT Sumsel sebagai moda transportasi perkotaan andalannya,” tutup Edi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.