Dark/Light Mode

Turunkan Tarif Tol Trans Jawa

Basuki Kasih Sinyal Positif

Rabu, 13 Februari 2019 14:48 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan sinyal pemerintah akan menurunkan tarif Tol Trans Jawa. Keputusan finalnya akan diputuskan dalam waktu dekat ini. Pemerintah merespons cepat keluhan sopir truk mengenai mahalnya tarif tol Trans Jawa.

Kemarin, Menteri Basuki mengumpulkan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Asosiasi Tol Indonesia (ATI) di kantornya membahas berbagai tuntutan sopir truk. Pertemuan digelar tertutup. 

Baca juga : Sultan Brunei Panen Perdana Padi Benih Asal Indonesia

Usai rapat, Basuki memberi isyarat akan ada penurunan tarif tol, khususnya Trans Jawa. Kementerian PUPR dengan BUJT dan ATI saat ini sedang merumuskan mekanisme penurunannya. “Kita sedang bicarakan mekanisme penurunan tarif. Berbagai faktor kita bahas, dan akan ditindaklanjuti oleh tim kecil Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) dan ATI. Kita akan rumuskan berapa (turunnya),” ungkap Basuki. 

Basuki mengungkapkan, ada beberapa opsi yang sudah disiapkan agar BUJT tidak rugi jika tarif diturunkan. Yakni, pertama, memberikan perpanjangan masa konsesi (hak kelola jalan tol) kepada BUJT. Kedua, kemungkinan melakukan penurunan pajak badan. 

Baca juga : Jalan Tol Trans Jawa Dievaluasi Bulan Depan

Ketiga, memberikan subsidi. Jika tarif seharusnya Rp 1.500 per kilometer (km), akan diturunkan menjadi Rp 800 per km. Selisihnya nanti akan disubsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Dan, keempat, memberian subsidi silang. Misalnya, beberapa ruas tol yang memiliki tarif tinggi seperti Tol Batang- Semarang, akan diturunkan. Sedangkan tarif tol yang murah, akan dinaikkan. Tarif Tol Batang-Semarang saat dipatok sebesar Rp 1.500 per km. Rencananya tarif tol tersebut akan diturunkan menjadi Rp 800 per km. 

Baca juga : Pengusaha Desak Tarif Tol Trans Jawa Turun 20 Persen

Sedangkan tarif tol yang murah salah satunya adalah Tol Jakarta-Cikampek. Jalan tol ini memiliki tarif Rp 200 per km sehingga bisa dinaikan menjadi Rp 800 per km untuk menutupi penurunan tarif Batang-Semarang. Tarif tol itu berbeda jauh karena waktu saat melakukan investasi berbeda. 

Meski ada rencana penurunan tarif, Basuki menepis penilaian tarif tol di Indonesia lebih mahal dibanding Malaysia. Berdasarkan data BUJT, tarif tol Indonesia justeru jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga di negara lain pada tahun investasi yang sama. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.