Dark/Light Mode

Resmikan 7 Ruas Tol Trans Jawa

Jokowi Sempat Menyantap Pecel & Sate Di Rest Area

Jumat, 21 Desember 2018 14:19 WIB
Presiden Jokowi saat melepas ekspedisi Trans Jawa dari ujung Jembatan Kalikuto di kilometer 383, Kabupaten Batang, Kamis (20/12). (Foto: Twitter @Joko Widodo)
Presiden Jokowi saat melepas ekspedisi Trans Jawa dari ujung Jembatan Kalikuto di kilometer 383, Kabupaten Batang, Kamis (20/12). (Foto: Twitter @Joko Widodo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi, kemarin, meresmikan tujuh ruas tol di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan peresmian ini, maka semua ruas Tol Trans Jawa kini tersambung semua dari Merak hingga ke Surabaya. Total panjangnya 870 kilometer (km).

Tujuh ruas tol diresmikan Jokowi yaitu tiga ruas di Jawa Tengah (Jateng) yang terdiri dari jalan tol Pemalang-Batang 33 km, Batang-Semarang 75 km, Salatiga-Kartasura 32 km. Dan, empat ruas di Jawa Timur (Jatim) yakni jalan Tol Nganjuk- Kertosono 37.9 km, Jombang- Mojokerto 0.9 km, Surabaya- Gempol 6.3 km, dan Pasuruan Probolinggo 13.65 km. 

Peresmian dilakukan di dua tempat. Jateng dan Jatim. Presiden melakukan peresmian dite¬mani sang Istri Iriana. Presiden mengenakan pakaian kasual, yaitu jeans dan jaket berwarna hitam. 

Baca juga : Rini: Semua Sudah Nyambung

Presiden datang bersama-sama rombongan ekspedisi Trans Jawa BUMN. Jumlah peserta ikut ekspedisi ini sekitar 300 orang dengan menggunakan 60 kendaraan minibus dan bus. Sebagian besar karyawan dan pejabat BUMN terkait. 

Ada empat menteri ikut ekspedisi ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Men-teri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selain itu, ada pejabat teras BUMN antara lain Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirut Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajanto, Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Dirut Bank Negara Indonesia (BNI) Achmad Baiquni, dan Dirut Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra. 

Reporter Rakyat Merdeka Sarif Hidayat ikut dalam ekspedisi ini. Rute ekspedisi Surabaya- Batang. Jaraknya sekitar 350-an km. Sepanjang jalan sudah mulus dan marka rambu lalu lintas sudah lengkap. Sudah bisa digunakan untuk melayani libur akhir tahun. Ada pekerjaan-pekerjaan kecil yang terlihat belum selesai, tetapi tidak menganggu pengguna jalan. 

Baca juga : Relawan DC Pro Jokowi Pede Jagoannya Menang Telak Di AS

Dalam ekspedisi ini, kami berhenti tiga kali. Kami mulai perjalanan dari pintu tol Waru Gunung, ruas tol Surabaya-Mojokerto pukul 08.00 WIB. Pemberhentian pertama di Simpang Susun di Km 167 di ruas tol Jombang-Mojokerto, sekitar pukul 09.00 wib. Di sini, Jokowi melakukan peresmian untuk empat 4 ruas di Jatim seperti yang disebutkan di atas. 

“Saya harapkan dengan tersambungnya tol Trans Jawa, biaya (bertransportasi) semakin murah dan efisien. Dan, masyarakat semakin punya banyak pilihan,” kata Jokowi dalam sambutannya. 

Jokowi mengatakan, tersambungnya tol Trans Jawa akan memberikan efek besar untuk perekonomian. Investasi akan naik. Industri di daerah akan ikut tumbuh. Dan, akan membuka lapangan kerja. “Misalnya di Ngawi, sudah ada permintaan lahan 200 hektare untuk industri,” imbuhnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.