Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Alhamdulilah, Semua Kru Kapal ASDP Negatif Covid-19

Kamis, 28 Mei 2020 19:10 WIB
Kapal ASDP. (Foto: ist)
Kapal ASDP. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ASDP Indonesia Ferry menegaskan tidak ada kru kapal ASDP yang terpapar virus Corona alias Covid-19. Hasil pemeriksaan melalui swab PCR, semua kru kapal ASDP negatif Covid-19. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Imelda Alini menegaskan, sejak awal pandemi Covid-19, perseroan secara proaktif menerapkan protokol preventif dan kuratif. Di mana prosedur pencegahan dan penanganan permasalahan terkait Covid-19 dilakukan secara cepat dan tepat.

"Hal ini terbukti bahwa hingga saat ini tidak ada karyawan ASDP, baik kru laut maupun darat yang terkena Covid-19,” ujarnya, Kamis (28/5).

Baca juga : Jokowi: Selamat Hari Raya Idul Fitri, Bersama Kita Bisa Hadapi Ujian Berat Covid-19

Menurut dia, ASDP secara konsisten memberlakukan protokol kesehatan dengan sangat ketat, baik kepada karyawan darat dan kru kapal di laut. Termasuk juga kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan yang kami layani.

Terkait kru kapal ASDP yang diduga kontak dengan penumpang diduga positif Covid-19, berdasarkan bukti hasil tes polymerase chain reaction (PCR Test) dengan metode swab, kru kapal dari KMP Julung-Julung yang beroperasi di lintasan Tarakan-Toli-toli (Cabang Balikpapan) dan KMP Ambu-ambu yang melayani lintasan Padang- Kepulauan Mentawai (Cabang Padang) dinyatakan negatif Covid-19.

Sebanyak 16 orang kru KMP Julung-Julung dan 19 orang kru KMP Ambu-ambu dinyatakan sehat. Pada Selasa (26/5) secara formal telah diserahkan surat negatif Covid-19 secara langsung oleh Walikota Tarakan, Chaerul kepada ABK KMP Julung-Julung-Julung di Pelabuhan Laut Juata Tarakan, sekaligus melepas pelayaran kembali kapal tersebut.

Baca juga : Bandara Soetta Terjunkan 239 Personel Khusus Perketat Pengawasan Covid-19

"Setelah melakukan tes PCR, karantina dan dinyatakan sehat, kru dari KMP Julung-Julung dan KMP Ambu-ambu telah kembali ke kapal masing-masing. Kapal siap beroperasi dan kru juga telah siap bertugas kembali," ungkapnya.

Imelda mengatakan, ASDP mengimplementasikan protokol preventif di kantor, pelabuhan dan kapal yang dikelola oleh 29 cabang ASDP, dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari sterilisasi pelabuhan dan kapal melalui penyemprotan disinfektan di seluruh akses ruang publik, pengecekan suhu tubuh, pemberian masker di pelabuhan, hingga penempatan hand sanitizer serta tempat cuci tangan.

Imelda menambahkan, sebagai langkah kuratif ASDP juga bekerjasama dengan pihak layanan kesehatan dalam penyediaan ambulance di titik-titik pelabuhan, serta menyediakan Posko Penanganan Suspect Covid-19 bagi pengguna jasa dan karyawan.

Baca juga : Akibat Kembali Bersekolah, 70 Siswa Di Perancis Positif Covid

Selain itu, untuk pihak internal ASDP, langkah preventif dalam lingkungan karyawan dan kantor dilakukan secara aktif dengan pengecekan suhu tubuh setiap masuk kantor, penyemprotan disinfektan, pelaksanaan extra fooding bagi seluruh karyawan yang masih bekerja di kantor dan lapangan. Caranya dengan pembagian makanan, vitamin dan susu secara rutin serta membentuk tim tanggap darurat untuk penanganan jika ada karyawan atau tamu kantor yang terindikasi Covid-19. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.