Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gairahkan UMKM di Masa Pandemi

Pertamina Gelar Pelatihan Online Digital Marketing

Jumat, 29 Mei 2020 11:13 WIB
Pertamina mengadakan pelatihan online terhadap mitra bisnis dan pelaku UMKM yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina. (Foto: Humas Pertamina)
Pertamina mengadakan pelatihan online terhadap mitra bisnis dan pelaku UMKM yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina. (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) membuat pelatihan online terhadap mitra bisnis dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina. Melalui kegiatan ini, para pelaku usaha kecil dan menengah diharapkan bisa menguasai bidang digital marketing, dan usahanya menjadi naik kelas.

Pelatihan tersebut dilaksanakan secara online kepada partisipan mitra bisnis dan UMKM Pertamina di beberapa daerah, yang dimulai di Situbondo pada 18 Mei 2020, dan dilanjutkan lagi setelah lebaran ke beberapa daerah. Pemimpin Redaksi Takanta.id, Mohammad Farhan S menjadi pengisi materi dalam kegiatan bertema “Instagram Marketing: Menulis Caption yang Menarik” pada online training di Situbondo tersebut. 

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kegiatan online training ini merupakan rangkaian dari seri pelatihan digital marketing yang diselenggarakan Pertamina untuk mitra bisnis dan UMKM RKB Pertamina. Kegiatan ini juga merupakan komitmen Pertamina, untuk meningkatkan kapasitas UMKM agar naik kelas dalam hal pengetahuan digital marketing. 

Baca juga : AXA Mandiri Salurkan Uang Tunai Digital Ke Masyarakat

“Kita ingin adanya peningkatan pemahaman digital marketing oleh para pelaku UMKM. Dan tema yang dipilih disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat, sehingga bahasa pemasaran yang digunakan dapat dipahami baik pelaku UMKM maupun follower social media pelaku UMKM,” kata Fajriyah.

Fajriyah mengatakan, pelaksanaan online training ini juga akan dilakukan di beberapa daerah seperti Palangkaraya, Pekanbaru, Minahasa Selatan dan Temanggung. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggairahkan bisnis UMKM di masa pandemi virus Corona (Covid-19) ini.

Online training di Situbondo ini berhasil menjadi pioneer dan program percontohan bagi wilayah lain. Agenda online training selanjutnya adalah di Palangkaraya, Pekanbaru, Minahasa Selatan, Temanggung yang akan dilaksanakan setelah Lebaran,” kata Fajriyah.

Baca juga : Lebaran Di Tengah Pandemi di Negeri Para Nabi Yordania, Gelar Halal Bi Halal Online

Kegiatan online training RKB Pertamina ini disambut baik oleh para pelaku UMKM di daerah. Elfira,  pelaku usaha ‘Kebun Kinara’ di Situbondo yang berbasis pada usaha tanaman hias, bibit sayuran dan pot hias berharap, kegiatan ini bisa kembali diadakan dengan materi yang beragam untuk bisnis UMKM.

"Saya sangat terbantu akan informasi dari pelatihan kali ini. Semoga RKB semakin jaya, merangkul lebih banyak pelaku UMKM, dan memberikan peluang yang lebih besar lagi untuk bersama menuju kesuksesan,” kata Elfira. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.