Dark/Light Mode

KAI Perpanjang Pengembalian Uang Tiket 100 Persen, Hingga Keberangkatan 17 Juni

Jumat, 5 Juni 2020 19:18 WIB
Petugas sedang melayani pengembalian tiket di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, beberap waktu lalu. (Foto: Mohamad Qori/RM)
Petugas sedang melayani pengembalian tiket di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, beberap waktu lalu. (Foto: Mohamad Qori/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang kebijakan pengembalian 100% uang tiket kereta api hingga keberangkatan 17 Juni 2020, dimana sebelumnya hanya sampai keberangkatan 4 Juni 2020.

“Ketentuan pengembalian penuh ini berlaku untuk pembatalan mulai tanggal 5 Juni 2020 untuk keberangkatan 5 Juni sampai 17 Juni 2020,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Joni menjelaskan, KAI memperpanjang periode pengembalian 100% tersebut dikarenakan masih dibatalkannya perjalanan KA Jarak Jauh Reguler sampai dengan saat ini. Terdapat 7.077 tiket yang belum dibatalkan atau 20% dari total 36.097 tiket yang sudah terjual pada periode 5 Juni sampai 17 Juni 2020 dimana tanggal tersebut merupakan tanggal terakhir KAI menerapkan pemesanan tiket H-90.

Baca juga : PSBB DKI Diperpanjang, Masa Transisi Sebelum New Normal Berlangsung Hingga Akhir Juni

“Pembatalan KA Jarak Jauh Reguler sampai dengan saat ini merupakan bentuk dukungan KAI kepada pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19,” tambah Joni.

Joni mengatakan, penumpang dapat membatalkan tiket melalui aplikasi KAI Access atau di seluruh loket stasiun yang melayani penjualan tiket KA. Pembatalan melalui KAI Access dilakukan selambat-lambatnya 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

"Uang pembatalan akan ditransfer ke rekening yang terdaftar paling lambat 30 hari kerja sejak tanggal pembatalan. Adapun pembatalan tiket di loket stasiun dapat dilakukan sampai H+30 dari tanggal keberangkatan. Uang pembatalan akan dikembalikan langsung secara tunai," tambah Joni.

Baca juga : KAI Perpanjang Pengoperasian Kereta Luar Biasa Hingga 7 Juni

“Kami tetap mengimbau penumpang untuk melakukan pembatalan melalui KAI Access. Selain lebih mudah, penumpang juga tidak perlu keluar rumah untuk menjaga physical distancing,” kata Joni.

Untuk informasi lebih lanjut terkait syarat dan ketentuan pembatalan tiket KA, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021)121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

Sampai dengan 4 Juni 2020, tercatat sudah 863.373 tiket yang dibatalkan oleh penumpang untuk periode H-10 s.d H+10 Lebaran, atau 14 Mei s.d 4 Juni 2020. Masih tersisa 5% tiket yang belum dibatalkan dari total tiket yang terjual atau sebanyak 44.422 tiket.

Baca juga : KAI Siapkan Pedoman New Normal Untuk Pelanggan Kereta Api

“Kami tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan meski perjalanan KA Jarak Jauh Reguler belum kami operasikan,” pungkas Joni. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.