Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PSBB DKI Diperpanjang, Masa Transisi Sebelum New Normal Berlangsung Hingga Akhir Juni

Kamis, 4 Juni 2020 13:31 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers mengenai PSBB masa transisi di Jakarta, Kamis (4/6). (Foto: YouTube)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers mengenai PSBB masa transisi di Jakarta, Kamis (4/6). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sempat menunda pengumuman masa berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan kembali memperpanjang PSBB di Ibu Kota.

PSBB di Jakarta diperpanjang hingga akhir Juni 2020. Namun, kali ini adalah PSBB transisi dalam rangka menyambut The New Normal.

"Kami di Gugus Tugas memutuskan untuk menetapkan perpanjangan status PSBB di DKI. Kami menetapkan bulan Juni sebagai masa transisi," ujar Anies dalam siaran langsung YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (4/6) siang.

Baca juga : Puan Minta Pemerintah Dengar Aspirasi Masyarakat Sebelum Terapkan New Normal di Sekolah

Meski statusnya masih PSBB, Anies menegaskan, bulan Juni ini adalah masa transisi menyambut The New Normal. Ada sejumlah kegiatan di luar rumah yang mulai dibuka dengan pembatasan dan protokol kesehatan yang ketat. Seperti kegiatan perkantoran, pasar dan pusat perbelanjaan, transportasi publik dan kegiatan ibadah di rumah ibadah.

Hal ini ditujukan untuk menjamin warga Jakarta tidak tertular virus corona.  "Ini agar warga bisa tetap sehat, produktif, serta aman dari Covid-19," tambah Anies.

Kenapa PSBB tak berakhir dan menerapkan The New Normal? Soal ini,  Anies menjawab, meski sebagian besar wilayah DKI sudah hijau dan kuning, namun zona merah masih ada. "Karena ada wilayah hijau kuning, tetapi juga ada wilayah merah," tandasnya.

Baca juga : KAI Siapkan Pedoman New Normal Untuk Pelanggan Kereta Api

Jika di tengah masa transisi, evaluasinya menunjukkan angka yang buruk, maka Anies akan langsung menutup kembali kegiatan di luar rumah.

"Karenanya, butuh kedisiplinan dan kerja sama seluruh pihak. Bahwa Jakarta belum masuk ke fase The New Normal. Keberhasilan PSBB pada masa transisi ini sangat penting, dan menjadi acuan untuk bisa masuk ke tataran The New Normal," tegas Anies. [FAQ]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.