Dark/Light Mode

The New Normal, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

Selasa, 9 Juni 2020 11:42 WIB
The New Normal, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

 Sebelumnya 
Dewi menambahkan, tidak hanya kesiapan BBM dan LPG, ketersediaan pasokan avtur merespon kebutuhan maskapai pesawat udara yang mulai kembali beroperasi juga dalam kondisi aman dengan ketahanan stok 50 hari.

Aturan Baru, Protokol Pencegahan Covid-19

Sejak Covid-19 dinyatakan sebagai pandemik, Dewi mengatakan pihaknya telah aktif menerapkan protokol kesehatan di lembaga penyalur resminya seperti SPBU, agen, dan pangkalan, serta unit operasi perusahaan.

Baca juga : Pertamina Wajibkan Pekerja Serahkan Hasil Rapid Test

Seperti yang dilakukan di SPBU, di mana petugas wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan sarung tangan, serta tidak lupa mengkonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Hand sanitizer juga tersedia di area pulau pompa pengisian BBM, agar dapat digunakan operator maupun konsumen.

Penyemprotan disinfektan secara berkala juga dilakukan untuk sarana dan prasarana SPBU, khususnya nozzle untuk SPBU layanan mandiri (self-service), serta tabung-tabung LPG di agen dan pangkalan.

“Sejak Maret lalu, kami telah menerapkan protokol Covid-19 di seluruh lembaga penyalur resmi Pertamina. Termasuk, terus mengimbau operator untuk memperhatikan social distancing, dan mengimbau konsumen agar melakukan transaksi non tunai untuk mencegah penularan virus” ujarnya.

Baca juga : Kemendagri Dorong Pemerintah Daerah Lakukan Terobosan dan Inovasi

Kini, dalam menghadapi normal baru, Pertamina telah menyiapkan sejumlah protokol tambahan di SPBU, khususnya untuk konsumen kendaraan roda dua dan roda empat.

Khusus konsumen kendaraan roda dua, saat melakukan pengisian bahan bakar wajib turun dari motor dan berdiri di samping motor. Sehingga, tetap dapat menjaga jarak aman dengan memposisikan diri berseberangan dengan operator SPBU.

Untuk konsumen kendaraan roda empat,  dapat tetap berada di dalam kendaraan. Apabila diperlukan, dapat keluar dari kendaraan. Serta wajib menjaga jarak aman minimal 1 meter dari operator.

Baca juga : Kebijakan The New Normal Dongkrak Kesejahteraan Petani Kembali

“Kami juga mengimbau konsumen yang datang ke SPBU untuk tetap mematuhi protokol Covid-19. Dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan di fasilitas yang telah disediakan setelah melakukan pengisian bahan bakar, serta melakukan pembayaran non tunai. Tentunya, ini akan berjalan dengan baik, apabila semua pihak bersama-sama patuh dan disiplin menerapkan protokol ini,” papar Dewi.

Untuk informasi produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.