Dark/Light Mode

Sukses Bawa Transformasi dan Perubahan Positif

Sudah Betul, Erick Kembali Pilih Nicke Sebagai Nakhoda Pertamina

Jumat, 12 Juni 2020 20:07 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (kerudung biru) (Foto: Rizky Syahputra)
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (kerudung biru) (Foto: Rizky Syahputra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia Ferdinand Hutahaean mengapresiasi keputusan Kementerian BUMN, yang mempertahankan Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Menurutnya, keputusan itu sangat tepat.

Ferdinand mengatakan, Nicke Widyawati yang memimpin Pertamina sejak Agustus 2018, memang layak diacungi jempol. Kepemimpinan Nicke, dinilainya telah membawa transformasi dan perubahan-perubahan di BUMN raksasa Pertamina.

Baca juga : Nasabah dan Transaksi Mandiri Sekuritas Melonjak 2 Kali Lipat Saat Pandemi

Terbukti, Pertamina naik peringkat dalam Top 500 Fortune Global, dari urutan 253 pada tahun 2018 menjadi 175 pada tahub 2019. Atau naik 78 peringkat.

Selain prestasi tersebut, Pertamina juga mencatatkan setoran tertinggi ke pemerintah dalam sejarah, pada tahun buku 2018. Besarnya Rp 120 triliun. Selanjutnya, di tahun 2019, Pertamina tetap membukukan laba usaha yang tidak kecil.

Baca juga : PLN Terapkan Energi Ramah Lingkungan Untuk Pembangkit Masa Depan

"Berapa angka pastinya, kita masih harus menunggu laporan keuangan Pertamina secara resmi," kata Ferdinand dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/6).

Selain beberapa capaian prestasi 2019 seperti keberhasilan melakukan survei seismik 23 ribu km lebih, yang diharapkan akan menemukan cadangan minyak baru, Pertamina juga mampu menurunkan nilai impor crude sebesar 35 persen atau senilai Rp 109 triliun.

Baca juga : Tetap Waspada Coronavirus, Sebagian Perusahaan di China Sudah Kembali Beroperasi

"Sejak 2019, Pertamina juga tercatat stop impor Solar dan Avtur. Kita swasembada di produk ini," ujar Ferdinand.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.