Dark/Light Mode

Diserang Covid-19

Proyek Air Minum Di Jatim Dikebut

Sabtu, 4 Juli 2020 07:37 WIB
Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Provinsi Jawa Timur.
Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Provinsi Jawa Timur.

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah masa pandemi Covid19, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Provinsi Jawa Timur terus dikebut. 

Saat ini, Proyek Strategis Nasional (PSN) ini progresnya sudah mencapai 98,22 persen. Pembangunan SPAM ini untuk menambah pasokan air bersih perpipaan bagi 1,3 juta warga di 5 kota/kabupaten. Yakni, di Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan, pihaknya memberikan dukungan agar proyek SPAM bisa direalisasikan agar tarif airnya terjangkau bagi masyarakat. 

Baca juga : Menkeu: Kendalanya Di Administrasi dan Verifikasi

Dukungan yang diberikan, yakni pembiayaan dan pembangunan pipa dari titik off take sampai ke jaringan pipa distribusi utama, pembiayaan dan pembangunan fasilitas instalasi pengolahan air dari Kali Rejoso dengan kapasitas 300 liter per detik, penempatan pipa dan pengurangan biaya sewa lahan di jalan tol yang dilalui. 

Penempatan pipa dilakukan pada ruas jalan tol Pasuruan Gempol, Gempol-Pandaan, Surabaya-Gempol, Surabaya-Mojokerto dan Surabaya-Gresik. Sumber air baku SPAM berasal dari mata air Umbulan di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 km dengan total 14 titik reservoir off take. 

Pembangunan off take SPAM dibagi menjadi tiga paket pekerjaan, yakni off take Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan sebanyak 5 titik di Winongan, Pohjentrek, Pleret, Bangil, Beji dan Gempol. 

Baca juga : Demi Basmi Covid-19, China Musnahkan 900 Tikus Bambu

Pembangunan off take pada lima titik tersebut telah rampung seluruhnya untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum bagi 260.000 jiwa di sekitar wilayah tersebut. 

Sedangkan sebanyak 7 titik off take di Kabupaten Sidoarjo berada di Porong, Tanggulangin, Candi, Sidoarjo, Buduran, Gedangan dan Waru. Pembangunan off take pada 7 titik tersebut telah rampung seluruhnya untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum bagi 600.000 jiwa di sekitar wilayah tersebut. 

Saat ini, tinggal 2 titik off take yang tengah diselesaikan yakni di Kota Surabaya yaitu Alas Malang dan Kabupaten Gresik yaitu di Giri dengan lingkup pekerjaan pembangunan reservoir, pipa off take, dan pekerjaan elektrikal. 

Baca juga : Update Covid-19: 10 Provinsi Aman Dari Kasus Baru

Dengan segera rampungnya off take pada titik tersebut, maka proyek SPAM dapat beroperasi penuh untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat Provinsi Jawa Timur. 

Pelayanan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih.[NOV]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.