Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dorong Penerapan Teknologi Digital, Angkasa Pura I Luncurkan Sistem Aplikasi APPro

Senin, 6 Juli 2020 15:16 WIB
Sistem aplikasi Angkasa Pura Procurement (APPro) yang dihadirkan PT Angkasa Pura I. (Foto: Dok. Angkasa Pura I)
Sistem aplikasi Angkasa Pura Procurement (APPro) yang dihadirkan PT Angkasa Pura I. (Foto: Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) meluncurkan sistem aplikasi Angkasa Pura Procurement (APPro). Aplikasi ini menyempurnakan layanan E-Procurement yang telah ada sebelumnya.

Hadirnya sistem layanan ini, merupakan inovasi dan langkah Angkasa Pura I untuk mendorong penerapan teknologi digital di tengah pandemi Covid-19 yang sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, hadirnya APPro ini merupakan upaya dalam mendigitalisasi proses bisnis serta mendorong transparansi proses pengadaan barang dan jasa dalam masa adaptasi new normal.

Baca juga : Inggris Buatkan Aplikasi Khusus Untuk Pemprov Jawa Timur

"APPro diharapkan dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, transparansi, keterbukaan serta mendukung terciptanya tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) di lingkungan Angkasa Pura I,” ujarnya dalam keterangan resminya, Senin (6/7).

Faik menjelaskan, jika dibandingkan dengan sistem e-procurement yang lama, APPro telah dilengkapi dengan berbagai keunggulan yang memudahkan bagi pelaku usaha (vendor) untuk mengikuti proses pengadaan barang dan jasa.

Proses pengadaan barang dan jasa mulai dari rapat persiapan, aanwijzing, evaluasi dan negosiasi penawaran dapat dilakukan secara online dan dari mana saja tanpa perlu datang ke kantor Angkasa Pura I.

Baca juga : Angkasa Pura I : 14 Penumpang Dan 12 Kru Garuda Sudah Dievakuasi

Faik menambahkan bagi internal Angkasa Pura I hadirnya APPro memudahkan dalam penyusunan harga estimasi sendiri atau owner estimate karena dapat dilakukan melalui sistem terintegrasi ke setiap unit, adanya standarisasi template yang dihasilkan oleh sistem berupa Berita Acara, Nota Dinas serta Kontrak, Efisiensi dari pemaketan pekerjaan berdasarkan category management dan penandatanganan dalam proses pengadaan barang & jasa dilakukan melalui digital signature.

“Ini membuat proses pengadaan barang dan jasa menjadi lebih transparan, akuntabel, independen dan fairness hingga tercipta persaingan yang sehat dan kompetitif bagi semua pelaku usaha (vendor),” jelasnya.

Sekedar informasi, sistem aplikasi APPro dapat diakses melalui situs web https://eproc.ap1.co.id atau melalui website resmi Angkasa Pura I di www.ap1.co.id.[KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.