Dark/Light Mode

Tingkatkan Layanan, Pelindo I Luncurin Aplikasi CRM

Kamis, 21 Mei 2020 10:27 WIB
Aplikasi CRM Pelindo I. (Foto: ist)
Aplikasi CRM Pelindo I. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) meluncurkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) untuk mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan pada level bisnis. Hal ini untuk memaksimalkan komunikasi dan pemasaran.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I, Syahputera Sembiring mengatakan, melalui CRM dapat mengelola berbagai aktivitas berbeda untuk meningkatkan hubungan dan keterikatan serta menelusuri informasi pelanggan. "Kebutuhan akan manajeman hubungan pelanggan menjadi lebih penting, di mana terdapat proses yang melibatkan analisis dan evaluasi semua interaksi dengan pelanggan,” ujarnya, Rabu (21/5).

Baca juga : Dibanding Industri Lain, Bisnis Pelindo II Masih Lumayan

Ia menuturkan, layanan CRM ini bisa diakses melalui https://portals.pelindo1.co.id yang di dalamnya terdapat pilihan berbagai channel. Selain itu, pelanggan juga bisa menggunakan layanan Call Center dengan Hot Line Number 1500 – 778 yang akan dilayani dengan Nona CERI atau Customer Care Pelindo 1.

"Call Center ini terintegrasi dengan aplikasi CRM jadi sangat efektif untuk meningkatkan layanan perusahaan karena bersifat real time interactions sehingga memungkinkan pelanggan berinteraksi langsung dengan perwakilan perusahaan," ungkapnya.

Baca juga : Abis Lebaran, Pelindo III Kerja Normal Via Online

Apalagi, di masa pandemi Covid-19 yang menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak dan mengurangi kontak langsung. Ia berharap, aplikasi CRM ini dapat memaksimal layanan dalam melakukan aktivitas marketing, sosialisasi pelayanan jasa, membangun hubungan dengan pelanggan, serta melakukan proses penanganan keluhan, klaim, maupun informasi dari pelanggan.

"Semoga ini bisa mempercepat proses komunikasi perusahaan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan memaksimalkan nilai data pelanggan," harapnya.

Baca juga : Jinakkan Harga Gula, Kebon Agung Gelar Operasi Pasar

Adapun, kegiatan sosialisasi dan end user training aplikasi CRM ini sudah dilakukan sejak awal tahun 2020 di berbagai wilayah kerja meliputi Medan, Pekanbaru, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, Batam, dan Aceh. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.